Tahun 2020 Bakal Jadi Era Kebangkitan Modifikasi Tanah Air

Tahun 2020 Bakal Jadi Era Kebangkitan Modifikasi Tanah Air Lamborghini dengan Karma Bodykit (KO/Edo)

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian, terus mendukung tumbuhnya industri modifikasi kendaraan di dalam negeri. Pasalnya, industri ini dinilai mampu meningkatkan kreativitas dan inovasi, serta memacu berkembangnya usaha sektor komponen kendaraan, yang berbasis skala industri kecil dan menengah (IKM).

"Para modifikator otomotif yang dapat dikategorikan sebagai bagian dari jasa industri ini tentunya memerlukan ide, kreasi, skill, pengetahuan dan inovasi dalam melakukan nilai tambah bagi otomotif itu sendiri," kata Airlangga Hartarto saat masih menjabat Menteri Perindustrian ketika menghadiri Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Dukung Industri Modifikasi Tanah Air, Menperin: Safety Faktor Utama

Sejalan dengan visi Pemerintah untuk mendorong Indonesia lebih produktif dan berdaya saing, maka pada tahun 2020 mendatang adalah waktunya industri modifikasi lokal semakin unjuk gigi.

Seperti diketahui, sejak 2018 kebangkitan produk-produk aftermarket lokal terasa geliatnya. Hal ini ditandai semakin banyaknya merek yang membuka booth pameran pada Indonesia Modification Expo (IMX), meski expo modifikasi tersebut baru diselenggarakan dua kali.

Mobil modifikasi

Diadakannya IMX, puluhan merek aftermarket lokal seakan memiliki “etalase” baru untuk meluncurkan produknya dengan exposure yang luar biasa. Bahkan difasilitasi untuk berpameran di luar negeri untuk memperluas pasarnya.

"Sebagai asosiasi modifikasi terbesar di Tanah Air, sudah seharusnya kami ikut mendukung bergairahnya industri tuning di sini. Dan, IMX adalah salah satu platform yang kami sediakan untuk itu," ujar Andre Mulyadi, founder IMX dan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Lampu aksesori

Beberapa produk yang berhasil didorong antara lain adalah Yoong Motor yang saat ini memiliki puluhan rekanan di berbagai daerah, lalu Karma Bodykit yang 80% produknya diminati pasar Amerika.

Lalu, ada pula beberapa merek pelek lokal, yang kualitas produknya sudah setara produk asal Jerman, hingga sarung mobil Bitelblack yang laku keras di Negeri Sakura.

Baca Juga: Merawat Ban Mobil Dan Motor, Begini Caranya

Selain produk aftermarket, NMAA dengan beberapa programnya juga mendorong regenerasi dalam modifikasi. Saat ini, modifikator-modifikator muda semakin banyak bermunculan dengan skill mumpuni, dan update soal tren tuning terkini.

"Tahun 2020 kami sangat optimis akan menjadi era kebangkitan industri modifikasi Indonesia. Saatnya pemain modifikasi menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dengan kemampuan dan produk yang tak kalah hebat berbanding negara-negara yang menjadi kutub modifikasi dunia," pungkas Andre.