POPULAR STORIES

Tak Pengaruh PPnBM, Penjualan Mobil Bekas Diprediksi Naik Tahun 2021 Ini

Tak Pengaruh PPnBM, Penjualan Mobil Bekas Diprediksi Naik Tahun 2021 Ini Diler mobil bekas

KabarOto.com - Pemerintah sudah resmi memberikan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0% terhadap mobil dengan batas maksimal mesin 1.500 cc dan dibuat dengan komponen lokal 70%.

PPnBM akan diberikan secara bertahap, pada Maret sampai Mei 2021 diberikan 100%, Juni sampai Agustus PPnBM yang diberikan pemerintah 50%, sementara pada September sampai Desember PPnBM hanya 25%.

Baca Juga: Diler Mokas Menjamur, Mobil88 Tetap Pede Jualan

Lalu, apakah program yang menguntungkan diler mobil baru akan menurunkan penjualan mobil bekas? Halomoan Fischer selaku Presiden Direktur Mobil88 mengatakan, Maret 2021 lalu penjualan ada kenaikkan dibanding Februari.

"Ada kenaikan dibanding Februari. Kenaikkannya sekitar 17%, jadi cukup baik lah," tambah Fischer.

Mobil yang paling laris menurut Fischer dan selalu diburu konsumen adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Toyota Innova.

PPnBM yang dikeluarkan untuk mobil baru, menurut pria berkacamata ini masih cukup tinggi dibanding dengan mobil bekas. Hal itu, yang membuat mobil ini masih diminati. "Harga mobil baru setelah PPnBM masih di atas harga mobil bekas, jadi masih banyak diminati," terangnya lagi.

Baca Juga: Target Mobil88 Jual 2000 Unit, Hingga Akhir Tahun

Fischer juga optimis tahun ini penjualan mobil bekas akan terus meningkat. Apalagi masuk ke momen Idul Fitri, di mana masyarakat banyak yang mengganti mobil.