POPULAR STORIES

Taksi Online Berbasis Hyundai Ioniq 5 Otonom Uji Coba Di Korea Selatan

Taksi Online Berbasis Hyundai Ioniq 5 Otonom Uji Coba di Korea Selatan Hyundai Ioniq 5 Otonom jadi taksi online di Korsel (Foto: Hyundai)

KabarOto.com - Hyundai Motor Group melakukan pengujian untuk taksi online RoboRide menggunakan basis dari Hyundai Ioniq 5 yang dibekali sistem otonom Level 4. Uji coba ini dilakukan di Seoul, Korea Selatan.

Menurut Woongjun Jang, Wakil Presiden Senior dan Kepala Pusat Mengemudi Otonom Hyundai Motor Group mengatakan, "Kami sedang mengembangkan teknologi mengemudi otonom level 4 berdasarkan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang dikembangkan secara internal, yang fungsionalitas dan keamanannya diverifikasi melalui produksi massal," jelas dia

Baca Juga : Tampil Lebih Sporti, Hyundai Creta N Line Diluncurkan Di Brasil

Nantinya, layanan taksi online ini akan menjadi kendaraan otonom pertama yang beroperasi di Gangnam. Selain itu, Hyundai Grup juga sudah memperoleh izin operasi mengemudi sementara dari Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, dan Transportasi Korsel.

Taksi otonom Hyundai Ioniq 5 beroperasi di Korsel

Hyundai berkolaborasi dengan start-up bernama Jin Mobility. Perusahaan itu mengoperasikan Artificial Intelligence (AI) bernama 'i.M'. Jin Mobility juga bertanggung jawab untuk mengoperasikan dua unit Hyundai Ioniq 5 pada aplikasi tersebut.

Baca Juga : Hyundai Motorstudio Senayan Park Ajak Generasi MZ Melihat Mobilitas Masa Depan

Pabrikan mobil asal Korea Selatan juga bekerjasama dengan Pemerintah Seoul untuk membangun sistem yang dapat menghubungkan sinyal lalu lintas dengan kendaraan otonom. Proyek ini juga sudah mengumpulkan banyak data mengemudi sejak 2019, bersamaan pengujian kendaraan otonom di Gangnam.

Pengoperasian Hyundai Ioniq 5 yang bisa berjalan secara otomatis, dilengkapi sistem bantuan kendali jarak jauh untuk memastikan keamanan. Sebagai pengaman ganda, terdapat pengemudi di dalam mobil, untuk keadaan darurat.

Sebagai informasi, layanan percontohan RoboRide akan beroperasi dari Senin hingga Jumat, pukul 10 pagi sampai 4 sore waktu setempat. Tiga penumpang diperbolehkan naik ke dalam taksi online otomatis tanpa sopir ini.