POPULAR STORIES

Tapak Tilas Toyota Avanza Generasi Pertama Dibanderol Rp60 Jutaan

Tapak Tilas Toyota Avanza Generasi Pertama Dibanderol Rp60 Jutaan

KabarOto.com – Toyota Avanza dikenal sebagai mobil sejuta umat, karena memiliki kelebihan irit bahan bakar, berkapasitas tujuh penumpang dan dibanderol dengan harga terjangkau.

Dalam hitungan hari, Toyota Avanza generasi terbaru akan segera diluncurkan. Tapi, apakah Sobat Kabaroto masih ingat dengan model generasi pertama dari Toyota Avanza?

Low MPV andalan Toyota ini pertama kali diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada tahun 2003. Kehadirannya langsung mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena mobil ini dikenal sebagai mobil yang tahan banting, irit bahan bakar dan memiliki harga jual yang relatif stabil.

Baca Juga : Ini Alasan TAM Meluncurkan Toyota Avanza Baru Sebelum GIIAS 2021

Toyota Avanza Gen 1 hanya dilengkapi dengan 2 tipe mesin. Untuk mesin pertama adalah mesin K3-VE 1.300 cc berdaya 92 dk dan torsi 120 Nm, sedangkan yang kedua mesin 3SZ-VE 1.500 cc berdaya 107 dk.

Toyota Avanza ditawarkan dalam dua pilihan trim yakni E dan G, serta satu limited edition yakni tipe S. Untuk harganya sendiri Toyota Avanza E 1.3 dibanderol Rp60 jutaan hingga Rp75 jutaan, sedangkan Toyota Avanza G 1.3 dibanderol Rp65 jutaan hingga Rp85 jutaan.

Baca Juga : Booking Fee Rp5 Juta, Ini Kisaran Harga Toyota Avanza Terbaru

Sedikit cerita tentang kemunculan Toyota Avanza, bermula pada proyek mobil kembar yang digagas pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, pasca krisis moneter 1998/1999. Maklum saja, karena krismon itu, harga mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi Rp 180 jutaan.

Harga tersebut tentu tidak masuk akal, sehingga kedua pabrikan berkolaborasi menghasilkan mobil keluarga dengan harga yang lebih terjangkau. Setelah mengalami proses riset pasar, desain, hingga produksi, maka pada November 2003, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia diluncurkan ke pasar Indonesia.