POPULAR STORIES

Targetkan Tumbuh 42% Tahun Ini, Berikut Laporan Keuangan Ban Hankook

Targetkan Tumbuh 42% Tahun Ini, Berikut Laporan Keuangan Ban Hankook Kipli/KabarOto/Hankook

KabarOto.com - Perusahaan ban Hankook mengumumkan hasil keuangan perusahaan pada kuartal 2 tahun 2022 dengan penjualan global mencapai 2,039 miliar won Korea (KRW) dan laba operasionalnya mencapai 175,2 miliar KRW.

Dalam kuartal kedua tahun 2022, Hankook Tire klaimnya mencatat pertumbuhan sebesar 12,9% YoY dan 13,9% QoQ dalam penjualan agregatnya. Meskipun terdapat tantangan dari pihak eksternal yang meliputi gangguan rantai pasokan global dan kenaikan biaya bahan baku.

Baca juga: Hankook Pasok Ban Performa Tinggi Untuk Mobil Listrik Premium, BMW I4 Jadi Yang Pertama

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, terdapat penurunan laba usaha sebanyak 6,3%, namun jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya terjadi peningkatan sebesar 39%. Pencapaian tersebut didukung oleh adanya perluasan porsi produk HVA (high-value-added) atau produk bernilai tinggi dan strategi penetapan harga yang dinilai efektif.

Penjualan untuk mobil penumpang high-inch yaitu 18 inci atau lebih, tetap menjadi penggerak pertumbuhan paling utama. Segmen ban tersebut mencakup 39,1% dari total penjualan ban mobil Hankook, meningkat 1,1%p dari kuartal fiskal terakhir.

Baca juga: Hankook Technoring Diklaim Jadi Fasilitas Test Drive Terbesar Di Asia

Tiongkok adalah pasar kontributor terbesar dengan penjualan ban mobil penumpang high-inch yang berkembang dari 11,5% per-tahun menjadi 51,8%. Kemudian diikuti oleh pasar Korea, terdapat peningkatan YoY sebesar 3,4%p ke rekor tertinggi yaitu 50,5%.

Pasar Eropa melaporkan terdapat peningkatan sebesar 0,5%p YoY. Terdapat pertumbuhan dalam pendapatan konsolidasi dikarenakan pertumbuhan penjualan yang kuat di pasar Amerika Utara baik untuk ban asli maupun ban pengganti.

Hankook Tire menargetkan pertumbuhan dua digit tahun ini dan meningkatkan porsi penjualan ban high-inch menjadi 42,0%, dari total penjualan ban mobil penumpang dan akan ekspansi ke kendaraan listrik.