POPULAR STORIES

Ted Toleman Tutup Usia, Salah Satu Sosok Yang Memiliki Torehan Positif Di Formula 1

Ted Toleman Tutup Usia, Salah Satu Sosok yang Memiliki Torehan Positif di Formula 1 Ted Toleman (Kiri) meninggal di usia 86 tahun. (Foto: Motorsport)

KabarOto.com - Ted Toleman bos tim F1 tahun 1980-an yang memberikan debut grand prix kepada Ayrton Senna, meninggal dunia pada usia 86 tahun di Manila, Filipina, pada 10 April setelah menderita sakit yang cukup lama. Toleman meninggalkan istrinya Maitie dan putra mereka Michael.

Mengenang Sepak Terjang Toleman di Formula 1

Melansir Crash, setelah berlaga di kategori junior, termasuk F2, tim yang dijalankan oleh Toleman melangkah ke F1 pada awal 1980-an. Namun, mereka menghadapi kesulitan awal dan gagal lolos dalam sembilan balapan pertama mereka.

Toleman menjadi batu loncatan bagi beberapa pembalap berbakat seperti Senna, Stefan Johansson, dan Derek Warwick. Selain itu, desainer F1 legendaris Rory Byrne dan insinyur Pat Symonds juga memulai karir mereka di tim ini.

Toleman TG184-Hart

Prestasi Gemilang Toleman dengan Ayrton Senna

Prestasi terbaik Toleman dicapai oleh Ayrton Senna, yang finis kedua secara brilian di Grand Prix Monaco yang basah pada musim rookie-nya pada tahun 1984. Senna berhasil meraih dua podium lagi untuk Toleman sebelum bergabung dengan tim Lotus pada tahun berikutnya. Meskipun tidak pernah meraih kemenangan sebagai Toleman, Teo Fabi berhasil meraih satu-satunya posisi terdepan untuk tim Inggris tersebut di Grand Prix Jerman 1985.

Baca Juga: Formula 1 Jepang Diperpanjang Hingga Tahun 2029

Baca Juga: Bruno Senna dan Desain Helm Ayrton Senna

Pada tahun 1986, Benetton mengakuisisi Toleman, dan tim tersebut mengalami perubahan merek lebih lanjut, beroperasi sebagai tim Alpine saat ini. Stefano Domenicali, Presiden dan CEO F1, memimpin penghormatan kepada Toleman pada Kamis pagi setelah berita duka atas kematiannya.

“Saya sedih mendengar Ted Toleman meninggal dunia, Dia memberikan banyak hal untuk Formula 1 dan pencapaian serta warisannya akan selalu menjadi bagian dari sejarah kami. Pikiran kami tertuju pada keluarga dan teman-temannya pada saat yang menyedihkan ini,” kata Domenicali yang dikutip dari Crash.net.

Baca Juga: Fantastis, Harga Helm Ayrton Senna Tembus 1,5 Milyar!

Baca Juga: AlphaTauri Akan Hadir di Formula 1 2024 dengan Nama Tim Baru