Terdampak Krisis Chip Semikonduktor, Fitur Keselamatan Ford Puma Dipangkas

Terdampak Krisis Chip Semikonduktor, Fitur Keselamatan Ford Puma Dipangkas Sumber foto : Ford UK

KabarOto.com – Ford Puma dikenal sebagai Subcompact SUV di Eropa, yang menawarkan gaya yang unik, performa yang baik, dan dibekali fitur canggih. Namun, pelanggan di Inggris akan kehilangan beberapa fitur pada mobil tersebut karena krisis komponen semikonduktor global.

Sebagai informasi, Ford UK menambahkan level trim Titanium Design dan ST-Line Design dengan spesifikasi dasar dari Ford Puma yang dijual bersama varian Titanium, ST-Line, ST-Varian Line X dan Vignale X.

Varian baru tersebut memiliki harga yang lebih murah karena menggunakan lebih sedikit chip semikonduktor dan fitur standar yang sedikit. Untuk Ford Puma Titanium Design dibanderol ulai $28.661 atau setara Rp407 jutaan.

Baca juga: GMC Acadia, Savana Dan Ford Mustang Rebutan Jalur

Seorang juru bicara dari Ford UK mengatakan, “Kekurangan chip semikonduktor global telah mempengaruhi hampir semua produsen kendaraan di seluruh dunia, termasuk Ford. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami, Ford Puma dan EcoSport menyelaraskan kembali konten volume yang lebih kecil untuk mengurangi dampak kekurangan chip.”

Sebagai gantinya, perlengkapan standar akan diganti dengan fitur Auto High Beam, Navigasi, Ford SYNC 3, Electronic Air Temperature Control, Rear Parking Sensor, Lane Keeping Aid, Lane Departure Warning, Pengereman Darurat Otonom, Deteksi Pejalan Kaki/Pengendara Sepeda, dan Pengereman Pasca Tabrakan.

Baca juga: Ford Focus ST Edition Berbekal Suspensi Baru Mampu Melesat 250 Km/Jam

Dengan tidak adanya fitur Hill-Start Assist dasar, lampu depan otomatis, dan wiper otomatis, ini cukup banyak mengurangi semua sistem ADAS yang tersedia pada Ford Puma. Akibatnya, varian Desain tidak akan memenuhi syarat untuk peringkat EuroNCAP bintang lima.

Sementara itu, varian Ford Puma ST-Line Design dibanderol $30.853 atau Rp 438 jutaan. meskipun mempertahankan fitur kluster instrumen digital 12,3 inci dan infotainment SYNC 3, Ford mengikuti strategi yang sama dengan EcoSport B-SUV mereka yang juga tersedia dalam trim Desain ST-Line yang lebih murah.

Hal baiknya adalah pembeli yang tidak keberatan dengan fitur-fitur tersebut, bisa mendapatkan unit mobil mereka dalam waktu yang lebih singkat, sekitar satu atau dua bulan.