Tergiur Bisnis Foto NFT, Lamborghini Siapkan Karya Digital Terbatas

Tergiur Bisnis Foto NFT, Lamborghini Siapkan Karya Digital Terbatas Karya digital dalam bentuk NFT (Dok: Lamborghini)

KabarOto.com – Fenomena foto NFT (Non-Fungible Token) yang tengah ramai di ranah sosial media di Indonesia menimbulkan banyak pembicaraan. Di mana, foto NFT Ghozali Everyday yang terjual hingga Rp3,1 triliun.

Rupanya demam foto NFT juga menjangkit ke industri otomotif. Tidak tanggung-tanggung, Lamborghini juga masuk ke area ini. Banyak orang beranggapan bahwa NFT sebagai masa depan dari perdagangan seni.

Menurut keterangan CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann mengatakan bahwa token digital ini merupakan wujud dari inovasi yang merupakan bagian dari DNA merek Italia tersebut.

"Sebagai perusahaan terkemuka untuk material komposit serat karbon dalam sektor otomotif, kami mendorong batasan dua setengah tahun yang lalu dengan proyek penelitian bersama di luar angkasa,” ungkap Stephan.

Baca juga: Karya Final Liberty Walk Lamborghini Aventador GT EVO Hanya 20 Unit

Walaupun bisa disalin atau di unduh, pembeli NFT bisa mendapatkan kepemilikan atas karya seni yang unik tersebut. Inilah yang membuat Lamborghini tertarik memperkenalkan proyek terbarunya yang berhubungan dengan NFT.

Pabrikan supercar asal Italia menjalin memperkenalkan Laborghini Space Key yang melahirkan sebuah item berbentuk kunci yang hanya tersedia lima unit saja di seluruh dunia. Item ini terbuat dari serat karbon yang pernah dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 2019 lalu.

Baca juga: Sebelum Urus, Kenalkan SUV Pertama Lamborghini LM002

Setiap kunci mendapatkan kode QR di bagian belakang cangkang serat karbon. Masing-masing terhubung dalam karya seni yang belum diketahui medianya. Belum ada informasi mengenai jenis karya seni apa yang berada dalam kode QR maupun artis yang membuat karya tersebut.

Lamborghini bekerja sama dengan NFT PRO™ perusahaan yang khusus bergerak di bidang NFT. Pabrikan mengungkapkan bahwa mereka akan menginformasikan detail lebih lanjut mengenai proyek ini, termasuk nama seniman yang mendesain Space Key.