POPULAR STORIES

Terus Dikebut, Tol Serang - Panimbang Ditargetkan Selesai 2023

Terus Dikebut, Tol Serang - Panimbang Ditargetkan Selesai 2023

KabarOto.com - Pembangunan jalan tol di Indonesia masih terus dilakukan, salah satunya pemerintah terus kebut pembangunan Jalan Tol Serang - Panimbang. Secara keseluruhan, jalan tol ini targetnya akan selesai pada 2023.

"Mudah-mudahan kalau sesuai target seluruh pekerjaan konstruksi Seksi 1 selesai, pada bulan Maret atau April 2021 BUJT sudah bisa mengajukan uji laik fungsi kepada Pemerintah atau BPJT untuk menyambut arus mudik Lebaran Mei 2021 mendatang," ujar Kepala Bagian Umum Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Mahbullah Nurdin.

Baca Juga: Tol Layang Andi Pangeran Makassar Segera Diresmikan Dan Beroperasi

Jalan Tol sepanjang 83,67 km yang ada di Provinsi Banten ini akan melintasi tiga kabupaten yaitu Kabupaten Serang, Lebak, dan Pandeglang.

Adanya jalan tol ini tak hanya sebagai penghubung di kawasan pariwisata di sekitar wilayah Banten, tetapi bisa melancarkan perekonomian masyarakat karena akan tersambung dengan Tol Jakarta - Merak.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen Mulai 2021

Pasalnya, Jalan Tol Serang - Panimbang akan memberi efisiensi waktu perjalanan Jakarta menuju Tanjung Lesung biasanya sekitar 4-5 jam. Nantinya, apabila jalan tol sudah beroperasi maka bisa lebih cepat, sekitar 2-3 jam saja dengan kecepatan rata-rata 80 kpj.

Jalan Tol Serang - Panimbang terbagi menjadi tiga seksi yakni Seksi 1 ruas Serang - Rangkasbitung, Seksi 2 ruas Rangkasbitung - Cileles, dan Seksi 3 ruas Cileles - Panimbang. Saat ini masih mengerjakan pembangunan pada Seksi 1, progres konstruksi sampai November sudah mencapai 84,18%.