Tesla Segera Bangun Pabrik Di Batang, Jawa Tengah

Tesla Segera Bangun Pabrik di Batang, Jawa Tengah Pabrik Tesla di Amerika Serikat (Foto: theverge.com)

KabarOto.com - Tesla dipastikan akan berinvestasi di Indonesia. Hal itu dikatakan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dalam konverensi pers virtual melalui Youtube, Kamis (19/05).

Tesla berminat untuk investasi ekosistem baterai dan mobil listrik. Pabrik tersebut rencananya akan dibangun di Batang, Jawa Tengah. "Batang akan jadi pusat kawasan Industri terbaik di Indonesia," sebut Bahlil Lahadali. Tertariknya Tesla berinvestasi di Indonesia didorong dengan pertemuan antara Presiden Jokowi dan CEO Tesla Inc Elon Musk.

Baca juga: Tesla Cybertruck Banyak Pesaing Di Tiongkok

Jokowi saat bertemu dengan Elon Musk (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Tak hanya Tesla, di daerah tersebut juga bakal ada perusahaan-perusahaan besar lainnya, seperti LG, Foxconn. "Tesla Insyaallah akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain juga," tambah Bahlil Lahadali.

Ia pun menceritakan sedikit tentang awal pendekatan pemerintah dengan Tesla dan Foxconn. Bahlil dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan berbagi tugas.

“Saya merayu Foxconn, Pak Luhut merayu Tesla. Gombalan kita untuk Foxconn lolos. Tesla masih tarik ulur," cerita Bahlil Lahadali. Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut, masuk ke Indonesia menurut Bahlil berkat tangan dingin dan intuisi Presiden.

Baca juga: Pemesanan Truk Trailer Listrik Tesla Semi, Siapkan Uang Muka Rp294 Jutaan

Namun Bahlil Lahadali belum mau mengatakan kapan kerjasama akan dimulai. Berapa nilai investasinya juga masih tersimpan rapat, belum dibuka ke publik.

Namun, yang jelas menurut dia, mereka akan masuk ke dua bagian industri besar, pertama tentang ekosistem baterai mobil dan mobilnya. "Insya Allah tahun ini. Berapa dan kapan, masih rahasia," tutup Bahlil Lahadali.