POPULAR STORIES

Test Drive Honda WR-V RS - Crossover Lincah Libas Jalanan Ibukota

Test Drive Honda WR-V RS - Crossover Lincah Libas Jalanan Ibukota Test Drive Honda WR-V RS - Crossover Lincah Libas Jalanan Ibukota (Kipli)

KabarOto.com - Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM mobil Honda di Indonesia memperkenalkan WR-V untuk bersaing di ceruk pasar crossover akhir tahun 2022 silam, kini mobil Honda WR-V bahkan sudah menjadi rakitan lokal di pabriknya yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Test Driver KabarOto pun mendapatkan kesempatan untuk menjajal crossover tipe tertinggi dari WR-V ini yakni RS selama beberapa hari.

Pada sisi eksterior, Honda WR-V punya karakter crossover sporty. Tampilan depannya terdapat gril yang mengusung desain bernuansa futuristik, dan dilengkapi dengan lampu depan modern dengan aksen krom berwarna gelap.

Honda WR-V hadir dengan lampu depan LED tipis, tajam dan panjang, dilengkapi dengan lampu sein Sekuensial yang modern, juga LED bar pada bagian belakang. Tampilan samping mobil terlihat ramping dan sporti, garis bodi mobil dibuat memanjang, mulai dari lampu depan memanjang ke samping, bodi dan berakhir di lampu belakang.

Baca Juga: Modifikasi Honda Jazz GE8, Gunakan Bodi Kit JDM Orisinal

Pada pintu belakang Honda WR-V dibuat unik dengan menggunakan konsep layaknya sebuah mobil coupe, dengan handle pintu terletak pada bagian samping bingkai jendela, seperti kakaknya yakni HR-V.

Honda WR-V memiliki ground clearance 220 mm, dengan menggunakan pelek berukuran 17 inci two-tone untuk varian RS. Masuk bagian kabin, mobil ini menggunakan bahan jok kombinasi leather dan fabric serta tersedia center console box berbahan kulit dengan armrest.

Crossover ini juga memiliki 12V Power Outlet untuk kemudahan penyambungan dan pengisian daya, dengan 2 USB port yang dapat dihubungkan ke berbagai perangkat.

Kenyamanan mengendarai Honda WR-V juga didukung layar 4,2 inci Thin-Film Transistor (TFT) Display pada dasbor untuk menampilkan berbagai informasi akurat, saat berkendara seperti fungsi Honda Sensing, konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan dan sisa bahan bakar, dipadukan dengan display audio dengan layar sentuh 7 inci dilengkapi Smartphone Connection, adaptive cruise control dan Hands-Free Telephone.

Proporsi kabin Honda WR-V ramping, namun dibuat untuk memberikan ruang yang lebih nyaman dan lapang. Ruang bagasi mobil ini juga dapat menampung 380 liter, menawarkan ruang kargo cukup luas.

Kekedapan kabin mobil ini klaimnya menggunakan bahan peredam semprotan, dan struktur panel tertutup di sekitar area panel bodi mobil, untuk meningkatkan kesenyapan yang lebih baik, mencegah debu dan bau tidak sedap dari luar.

Jok dibungkus warna hitam berbahan kulit serta tersedia center console box yang bisa berfungsi sebagai arm rest. Selain itu, SUV mungil ini memiliki 12V Power Outlet untuk kemudahan penyambungan dan pengisian daya dengan dua USB port yang dapat dihubungkan ke berbagai perangkat.

Posisi duduk untuk pengemudi dengan tinggi 176 cm agak kurang maksimal, bagian paha seperti menggantung karena kurang panjang untuk bagian alas duduknya. Sehingga untuk mengemudi waktu lama, agak membuat sedikit capek di bagian paha dan kaki pengemudi.

Duduk dibaris kedua juga cukup nyaman. Busa jok yang empuk dan posisi senderan yang bisa dimiringkan lagi bisa membuat perjalanan jadi lebih santai.

Baca Juga: Modifikasi Speaker Hedon Rp450 Juta Di Honda Odyssey RB3, Rombakan Nyaris Rp3 Miliar

Honda WR-V tipe RS dan RS with Honda Sensing mempunyai kompartemen penyimpanan seat back pocket di belakang kursi penumpang depan, juga di kursi pengemudi, ada total 6 tempat botol air dan kursi baris kedua yang dapat dilipat dengan komposisi 40:60.

Selain itu, ada juga Rear Seat Reminder, yaitu suara dan peringatan tampilan multi-informasi untuk mengingatkan pengemudi untuk memeriksa kursi belakang, jika ada yang tertinggal sebelum meninggalkan kendaraan.

Honda WR-V dilengkapi fitur Walk-Away Auto Lock, berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis beberapa saat setelah pengemudi berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil. Adapun fitur seperti Remote Engine Start yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk ke dalam kendaraan.

Selain itu, Honda WR-V juga dilengkapi teknologi Honda LaneWatch, yang memberikan pengemudi pandangan lebih luas dari area blind spot di bagian spion kiri. Smart Entry System untuk mempermudah masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci, dan Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal, yakni spion dapat menutup otomatis ketika mobil terkunci.

Honda WR-V memiliki kamera belakang yang dapat menunjukkan tampilan atas, tampilan normal (130°), atau tampilan belakang lebar (180°) saat transmisi dalam posisi Mundur.

Terdapat fitur Auto Headlight pada Honda WR-V RS with Honda Sensing, yaitu lampu depan yang dapat menyala secara otomatis saat kondisi pencahayaan rendah, dan saat kondisi kunci mobil terbuka dan dan mati beberapa saat setelah mobil terkunci. Selain itu fitur tersebut akan menyala saat wiper digunakan beberapa kali dan otomatis mati ketika wiper tidak digunakan.

Fitur Honda Sensing yang tersedia cukup komplet, seperti Collision Mitigation Brake SystemTM, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM) dan Adaptive Cruise Control (ACC).

Baca juga: Ini Penjelasan Tim R&D Honda Terkait WR-V

Soal performa, Honda WR-V menggunakan mesin 4 silinder, DOHC, i-VTEC, 16 katup dengan kapasitas 1.498 cc, klaimnya mesin ini sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 119 dk pada 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm pada 4.300 rpm.

Mesin tersebut dipadukan transmisi CVT dengan teknologi yang diberi nama G-design shift, diklaim menghasilkan performa akselerasi yang cukup baik serta memiliki efisiensi bakar yang diklaim meningkat sebesar 4%.

Melintasi jalan menanjak juga tetap nyaman, mesin meraung keras saat KabarOto melakukan kick down untuk meraih tenaga lebih besar dan melesat di tanjakan. Kinerja transmisi CVT tidak bisa disamakan dengan transmisi otomatis biasa, cenderung respon mesin kurang sigap namun perpindahan giginya sangat halus malah nyaris tidak terasa. Berbeda dengan transmisi otomatis, tarikan mesin lebih cepat tetapi perpindahan giginya masih terasa hentakannya.

Di jalan bebas hambatan, dapat mengoptimalkan fitur cruise control. Men-set kecepatan melalui tombol pada lingkar kemudi. Pengemudi bisa mengistirahatkan kaki kanannya, lebih fokus pada mengemudi dengan batasan kecepatan yang diinginkan.

Dari data konsumsi bbm rata-rata yang KabarOto dapatkan, mobil ini mampu mencatatkan angka 16,7 kpl dengan total jarak tempuh 347,5 km dan rute Jakarta Utara - Tangerang Selatan - Tangerang - Jakarta Utara, dengan kondisi lalu lintas bervariatif.

Honda WR-V Tipe E CVT dibanderol Rp 271,9 juta, Tipe RS CVT Rp 297,9 juta, dan Tipe RS CVT with Honda Sensing yang KabarOto tes dengan harga Rp 317,9 juta.

Data dan Fakta

Properti Honda Prospect Motor (HPM)
Harga Rp 317,9 juta
Dimensi 4.060 mm (panjang), 1.780 mm (lebar), 1.608 mm (tinggi)
Jarak Pijak 220 mm
Sumbu Roda 2.485 mm
Mesin 4 Silinder DOHC, i-VTEC, PGM-FI, drive by wire
Kapasitas 1.498 cc
Kompresi 10,6:1
Transmisi CVT
Tenaga 119 dk @6.600 rpm
Torsi 145 Nm @4.300 rpm
Penggerak Roda FWD (depan)
Suspensi MacPherson Strut (depan), Torsion Beam (belakang)
Rem ABS-EBD, Cakram Ventilasi (depan), Tromol (belakang)
Bahan Bakar RON 92
Rute Pengujian Jakarta Utara - Tangerang Selatan - Tangerang - Jakarta Utara
Jarak Pengujian 347,5 km
Konsumsi BBM 16,7 kpl