POPULAR STORIES

Test Ride - Mengendarai Motor Chopperland Milik Jokowi

Test Ride -  Mengendarai Motor Chopperland Milik Jokowi

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu KabarOto mendapat kesempatan menjajal motor Chopperland berwarna emas milik Presiden Jokowi di ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Pihak penyelenggara Indonesia Custombike Expo & Championship memberikan kesempatan awak media termasuk KabarOto.com untuk merasakan impresi motor tersebut. Tapi ini bukan motor aslinya Presiden Jokowi ya, ini replika yang dibuat sama persis.

Motor Chopperland milik Jokowi dibekali dengan mesin Royal Enfield, sementara replikanya yang saya coba menggunakan mesin Yamaha Scorpio 225 cc. Sebelum menjajalnya, saya pun melihat dengan seksama sambil melakukan foto. Yang pertama saya lihat adalah konsep vintage yang dianut motor ini sehingga tidak ada suspensi yang menempel pada bagian depan dan belakang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Riding Pakai Motor Custom Kawasaki W175 Di Tangerang

Setang Model T Bar

Namun untuk membuat motor ini tetap nyaman digunakan, Veroland selaku pembuat motor ini memberikan jok yang dibuat tebal. Begitu pula dengan ban yang tebal agar kesan nyaman dan empuk saat melintasi jalan rusak atau polisi tidur tidak terasa.

Saya pun naikan standar dan menekan starter. Suara knalpot yang dibuat secara home made dengan bentuk memanjang seperti terompet terdengar bising namun lembut. Saat menggeber suaranya pun tak memekakkan telinga. Nampaknya sang builder sengaja agar si pemilik yang merupakan orang nomor satu di negara ini tidak terlalu terganggu dengan suara bisingnya.

Konsep Vintage membuat motor ini tidak dibekali suspensi

Saya pun memegang setang motor yang dibuat cukup tinggi bermodel T Bar, berbeda dengan motor pada umumnya, sempat ragu apakah nyaman dengan lebar seperti itu. Ternyata setang model T bar yang sejajar lurus dengan fork sengaja dibuat panjang, agar semakin dekat dengan pengendaranya, sehingga nyaman.

Di bawahnya terdapat spion pulat dan terdapat spidometer berbentuk bulat vintage. Terdapat lampu sein juga yang bentuknya bulat kecil.

Motor ini cukup nyaman untuk pengendara yang memiliki tinggi 170 cm seperti saya. Kaki bisa ditapakkan dua-duanya, dan yang terpenting posisi berkendaranya cukup nyaman. Foot step-nya dibuat untuk pengendara yang menggunakan sepatu kets. Seperti Jokowi yang menggunakan kets, sehingga pergantian gigi di sebelah kiri dan melakukan pengeraman belakang sebelah kanan begitu mudah.

Paa dikendarai pengendara dengan tinggi 170 cm.

Tiba bagi saya untuk memutar gas. Apa yang ditakutkan tentang model stang T Bar ini sirna, karena saya merasakan kenikmatan mengendarai motor ini. Dan saat melintasi jalan, ban dan jok yang tebal menggantikan suspensi cukup membuat nyaman selama berkendara. Apalagi joknya dibuat sangat pas untuk menyangga tulang ekor sehingga tidak membuat pegal. Handling-nya cukup baik, beda dengan motor yang diproduksi massal

Builder nampak sengaja membuat motor ini sesuai dengan postur tubuh Presiden Jokowi yang kurus dan tinggi. Saya pun merasakan sangat rileks mengendarainya, Jokowi tentu juga rileks saat menungganginya. Meski masih menggunakan rem tromol pada bagian depan dan belakang, namun sangat menjamin keselamatan penggunanya. Saya sesekali melakukan pengereman secara mendadak, dan cukup pakem.

Baca juga: Elder Garage Terima Pesanan Motor Chopper Jokowi, Ini Harga Dan Foto Detailnya

Replika berbekal mesin motor Yamaha Scorpio 225 cc

Baca Juga: IIMS Makassar 2018 Pamerkan Motor Jokowi & Anaknya

Tidak terasa saya sudah melakukan perjalanan dua putaran arena JIexpo Kemayoran Jakarta. Karena panitia hanya memberikan kesempatan kepada kami awak media mengelilingi dua putaran saja. Nah bagi Anda yang ingin membuat Chopperland ini tinggal siapkan anggaran Rp 100 juta. Berminat?