POPULAR STORIES

Tidak Balapan Satu Kali, Alpha Tauri Ungkap Rugi Miliaran

Tidak Balapan Satu Kali, Alpha Tauri Ungkap Rugi Miliaran Sumber Gambar : Formula 1

KabarOto.com – Banyak dampak yang telah ditimbulkan oleh wabah virus Corona atau Covid-19, hampir seluruh industri mengalami kerugian besar. Tak terkecuali ajang balap jet darat Formula 1 (F1), hampir semua jadwal pada musim 2020 ditunda, dan ada juga beberapa dibatalkan atau tidak diselenggarakan.

Pastinya hal ini sangat merugikan bagi setiap tim, yang telah terikat kontrak dengan sponsor dan sebagainya. Lalu berapa sih kira-kira kerugian atau dana yang gigelontorkan oleh satu tim F1 setiap satu balapan ditunda?

Direktur Utama Alpha Tauri, Franz Tost mengatakan “Jika tidak balapan, hal tersebut merugikan kami sekitar 1,5 juta Euro hingga 2 juta Euro (setara Rp 24 miliar hingga Rp 32 miliar). Begitu juga kontrak dengan sponsor sudah diatur sedemikian rupa agar kerugian kami proporsional."

Baca Juga : Pangeran Albert II Positif Terinfeksi Virus Corona, F1 Monaco Dibatalkan

"Jika tidak ada balapan sepanjang tahun ini, itu akan menjadi masalah kritis. Kami tidak mendapatkan penghasilan sama sekali, itu jelas merupakan bencana ekonomi," jelasnya.

Baca Juga : Bantu Lawan Covid-19, Insinyur Mercedes F1 Produksi Alat Bantu Pernapasan

Seperti kita tahu beberapa balapan F1 telah resmi dibatalkan misalnya GP Australia dan GP Monaco. Sementara GP Spanyol dan GP Belanda masih bersifat ditunda, diikuti juga oleh GP Azerbaijan, Tiongkok, Bahrain, Vietnam, dan Kanada.