Tidak Banyak Tahu, Toyota Yaris Superman Edition

Tidak Banyak Tahu, Toyota Yaris Superman Edition

KabarOto.com – Pasti hampir seluruh orang di dunia ini mengetahui superhero yang memiliki kekuatan super seperti mata laser, bisa terbang, badan antipeluru, dan hembusan dingin, apa lagi kalau bukan Superman.

Tetapi pasti belum banyak tahu soal mobil limited edition ini. Ternyata Toyota dulunya pernah membuat sebuah edisi khusus dari hatchback-nya Yaris dengan berlatar Superman loh, dan diberi nama Yaris Superman Edition.

Toyota Yaris Superman Edition

Mobil ini pertama kali diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun 2006 silam, dengan brand ambasador-nya yakni Nirina Zubir. Dimana pada saat itu masih generasi kedua yang dijual atau banyak disebut Yaris bakpao bagi sebagian orang.

Baca Juga : Sejarah Singkat Perjalanan Toyota Yaris Di Indonesia

Edisi khusus ini dikeluarkan bersamaan dengan rilisnya film Superman Returns pada tahun sama. Sebenarnya hanya ada penambahan aksesori saja, sehingga tampilannya berbeda dari Yaris lainnya.

Bodinya mengambil basis dari tipe E paling basic, tidak ada tambahan seperti fog lamp, ataupun side skirt. Warnanya sendiri dibaluri biru tua, khas warna baju sang superhero tersebut. Penambahan stiker seperti logo “S Shield” pada kap mesinnya, lalu bagian sisi samping terdapat gambar Superman berukuran cukup besar, dan berbeda antara kiri kanannya, menegaskan bahwa ini adalah edisi khusus.

Toyota Yaris Superman Edition

Tidak hanya eksterior loh, aksen-aksen Superman juga berlanjut hingga bagian kabin. Misalnya saja cover setir, lalu cover shift knob dan parking brake. Asyiknya lagi, jok sudah menggunakan bahan kulit dengan perpaduan warna hitam dan biru. Serta sebagai pelengkap terdapat karpet tambahan dan juga tissue box yang semuanya berlogokan Superman.

Baca Juga: Sejarah Toyota Kijang Innova Di Indonesia

Soal spesifikasi mesinnya semua standar seperti pada umumnya, tidak ada penambahan khusus kecepatan kilat atau sebagainya. Menggunakan mesin legendaris karena ketahanannya, yakni 1NZ-FE, VVT-i, DOHC, 4 silinder segaris berkapasitas 1.500 cc, bertenaga 107 dk pada 6000 rpm dan torsi puncak 142 Nm pada 4.200 rpm. Memiliki pilihan transmisi manual 5 percepatan, dan juga berpenggerak depan.

Toyota Yaris Superman Edition

Mungkin ini adalah cikal bakal merek-merek mobil lain membuat edisi khusus superhero seperti Hyundai Kona Iron Man, Kia Optima Batman edition, dan sebagainya. Menurut informasi dari brosur lawas yang disebarkan, ternyata Yaris Superman Edition ini hanya dibuat 50 unit, dengan harga barunya sekitar Rp 158,5 juta on the road pada saat itu.

Jadi jangan salah yah sob! Kalau melihat mobil ini di jalan, itu bukan stiker asal tempel. Namun sebuah Yaris limited edition yang hanya 50 unit saja di dunia sob.

Baca juga: Test Drive: New Toyota Agya 1.2L TRD S A/T, Terbaru!