Tingkatkan Keselamatan Berkendara Generasi Muda, Polri Adakan Millenial Road Safety Festifal

Tingkatkan Keselamatan Berkendara Generasi Muda, Polri Adakan Millenial Road Safety Festifal Ilustrasi safety driving di kalangan pelajar (ist)

KabarOto.com - Dalam rangka meningkatkan keselamatan berkendara dan tertib berlalu lintas, khususnya di kalangan generasi muda. Korps Lalu Lintas Polri, berencana mengadakan kampanye 'Millenial Road Safety Festifal', yang akan diselenggarakan serentak di 34 Provinsi se-Indonesia.

Rencananya, kegiatan ini akan dimulai pada tanggal 2 Februari hingga 31 maret. "Kegiatan ini merupakan gerakan moral, karena ini adalah gerakan untuk peduli kemanusiaan dan gerakan ini sifat bentuknya adalah kampanye keselamatan yang masif, terstruktur, membumi, dan berkelanjutan. Jadi ini bukan hanya kegiatan ditahun ini saja," ujar Irjen Pol. Refdi Andri, Kakorlantas Polri.

Kakorlantas saat memberikan arahan persiapan Millenial Road Safety Festifal

Selain itu, Refdi juga menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah tantangan bagi kepolisian lalu lintas se-Indonesia untuk dapat berkomitmen mewujudkan zero accident. "Ini tantangan bagi kita untuk berkomitmen. Kita yakini zero accident itu, kita menghargai betapa pentingnya setiap nyawa masyarakat Indonesia. Kita harus mulai dari orang-orang pengguna jalan, kita hargai mereka, kita selamatkan mereka," tegasnya.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Pecah Ban

Dirkamsel Korlantas Polri, Brigjen Pol Chryshnanda Dwi Laksana, yang dipercaya menjabat ketua pelaksana, menyampaikan pesan kepada para jajaran Ditlantas se-Indonesia, untuk dapat bekerja dengan tulus dan bersungguh-sungguh mengingat pentingnya keselamatan dan kemanusiaan.

Akan diadakan serentak di 34 Provinsi

"Kalau kita melihat berdasarkan data bahwa mencapai 56 persen dari jumlah korban kecelakaan lalu lintas adalah generasi milenial (produktif). Dimana milenial produktif adalah usia remaja dari 17 tahun hingga dewasa 35 tahun. Apa jadinya jika generasi milenial meninggal atau menjadi korban fatalitas kecelakaan. Maka tidak akan adanya penerus bangsa," terang Chryshnanda.

Perlu diketahui, dalam gelaran ‘Millennial Road Safety Festival’ tersebut, nantinya akan terdapat beberapa rangkaian acara. Diantaranya touring lintas milenial, kontes duta lalu lintas, kontes road safety dance, dialog lintas milenial, jalan sehat, senam kolosal, milenial enterpreneur expo, safety driving dan safety riding, kontes freestyle keselamatan, deklarasi pelopor keselamatan, dan kegiatan kreatif inovatif lainnya.

Baca Juga: Ini Cara Korlantas Polri Tanamkan Budaya Tertib Berlalu Lintas

Chrysnanda sendiri bersama perkumpulan gerakan kebangsaan dan relasi menargetkan sebanyak 2.129.800 orang dari generasi milenial se-Indonesia akan diajak terlibat langsung dalam gerakan moral kampanye keselamatan yang bertemakan ‘Mewujudkan Generasi Millennial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang’.

"Sumberdaya manusia adalah aset bangsa. Melalui festival ini, mari kita gunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya untuk menyelamatkan manusia," tukas Chryshnanda.