POPULAR STORIES

Tingkatkan Layanan, Jasa Marga Buat Sistem Rest Area Monitoring

Tingkatkan Layanan, Jasa Marga Buat Sistem Rest Area Monitoring Rest Area Monitoring Jasa Marga (Istimewa)

KabarOto.com - Sebagai salah satu upaya memperlancar arus mudik Lebaran 2018 (Idul Fitri 1439 H), PT Jasa Marga (Persero) melakukan sejumlah pembenahan dan strategi dalam mengelola Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area.

Rest area merupakan lokasi yang krusial dalam pelaksanaan arus mudik atau arus balik setiap lebaran, dan kerap menyebabkan kepadatan arus lalu lintas di dalam jalan tol. Untuk itu, Jasa Marga melakukan serangkaian upaya guna menjamin kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan tol, khususnya pemudik.

Baca juga: Pantau Kesiapan Mudik, Kementerian BUMN Jelajah Ruas Tol Jakarta-Solo

Pada lebaran kali ini, Jasa Marga menerapkan sistem manajemen rest area, salah satunya adalah rest area moniroring yang merupakan terobosan baru sebagai sebuah sistem yang dapat mengawasi seluruh wilayah rest area.

Rest area monitoring merupakan sistem pengawasan dengan menggunakan teknologi CCTV, yaitu dengan memasang CCTV yang berfungsi untuk Vehicle Counting dan Surveillance yang dapat mendeteksi jumlah dan jenis kendaraan yang masuk dan keluar rest area, serta menghitung ketersediaan lahan parkir, sehingga dapat memandu petugas dalam pengaturan lalu lintas di rest area.

Kamera atau CCTV counting dan klasifikasi kendaraan ditempatkan pada akses masuk dan keluar rest area. Hasil counting dan klasifikasi kemudian akan ditampilkan di Variable Message Sign (VMS) atau layar display pada akses masuk rest area. Petunjuk ini juga dapat memberikan pilihan kepada pengguna jalan untuk memilih rest area yang akan disinggahi, dengan melihat kapasitas parkir yang tersedia.