POPULAR STORIES

Tiongkok Mulai Terapkan SIM Digital, Berlaku September Mendatang

Tiongkok Mulai Terapkan SIM Digital, Berlaku September Mendatang

KabarOto.com – Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi syarat wajib bagi yang mengendarai sepeda motor maupun mobil.

Berkaitan dengan SIM, beberapa kota di Tiongkok sudah menggunakan SIM Digital. Namun, Pemerintah Tiongkok melalui Kementerian Keamanan Publik berencana menerapkan kebijakan ini di 28 kota lainnya mulai 1 September mendatang.

Baca Juga : Jadwal SIM Keliling Tangerang Selatan Bulan Agustus 2021

Penggunaan SIM Digital ini diklaim sebagai layanan memberikan keamanan kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan. Di mana, untuk penerbitannya sendiri sudah menggunakan aplikasi resmi yang dibuat oleh Kementerian Tiongkok.

SIM Digital sendiri berfungsi membantu petugas melakukan penindakan, seperti menangani pelanggaran lalu lintas, kecelakaan di jalan, penyewaan mobil, dan klaim asuransi.

Meski saat ini penerapannya belum merata, namun, Pemerintah Tiongkok menargetkan hal tersebut bisa terealisasi secara menyeluruh pada tahun 2022.

Baca Juga : SIM Habis Di Masa PPKM Level 4? Perpanjang Di Lokasi-lokasi Berikut

Sebagai informasi, beberapa kota di Tiongkok, seperti Beijing, Tianjin, Shijiazhuang, Suzhou, Yancheng, Taizhou, Ningbo, Jiaxing, Nanchang, Jinan, Qingdao, Changsha, Guangzhou, Shenzhen, Zigong, Nanchong, Guiyang, Xi'an, Yinchuan, dan Kunming sudah menerapkan SIM digital.

Namun, untuk kota seperti Tianjin, Suzhou, dan Chengdu, mereka sudah lebih dulu menerapkan sistem SIM digital tersebut terhitung mulai 1 Juni 2021.