POPULAR STORIES

Tips Agar Klaim Asuransi Mobil Dapat Diterima Versi Asuransi

Tips Agar Klaim Asuransi Mobil Dapat Diterima Versi Asuransi

KabarOto.com - Asuransi kendaraan kini penting dimiliki oleh masyarakat. Fungsinya untuk melindungi apabila mengalami kecelakaan. Namun terkadang, banyak pemilik kendaraan yang sudah mengasuransikan mobilnya, sulit melakukan klaim.

Perusahaan asuransi terkadang berkelit, dengan menunjukkan syarat-syarat untuk bisa diklaim. Hal ini yang membuat masyarakat enggan untuk mengasuransikan kendaraannya.

Baca juga: Adira Insurance Bisa Digunakan Pemilik Mobil Tua, Ini Syaratnya

Wayan Pariama, Direktur Adira Insurance, mengatakan, kerugian akibat kecelakaan sangatlah tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memiliki perlindungan sebagai salah satu upaya preventif.

Wayan pun memberikan tips agar klaim asuransi dapat diterima oleh pihak asuransi antara lain:

1. Pelanggan harus menghindari hal-hal yang dikecualikan dalam polis, seperti telat melapor klaim dari batas waktu pelaporan.

Selain itu, pengemudi tidak memiliki surat izin mengemudi, klaim yang dilaporkan tidak dijamin dalam polis, klaim yang dilaporkan termasuk dalam klausul pengecualian dalam polis.

2. Melengkapi dokumen klaim, seperti formulir klaim yang telah diisi, fotokopi polis asuransi, SIM, STNK, surat keterangan dari kepolisian.

3. Kendaraan milik Tertanggung tidak digunakan untuk perbuatan yang melanggar hukum.

4. Jika Anda mengalami kecelakaan, jangan lupa memberikan bukti dengan mendokumentasikan terlebih dahulu keadaan kendaraan Anda pasca kecelakaan. Memahami penyebab kecelakaan yang ditanggung sebelum mengajukan klaim secara langsung.

5. Perhatikan terkait wilayah pertanggungan apakah sesuai dengan isi polis.

Baca juga: Adira Insurance Beri Perlindungan Pengguna Jalan

6. Jangan membuat kerusakan yang disengaja oleh tertanggung.

7. Pahami polis, baca dan pelajari dengan jelas polis-polis yang diberikan pihak asuransi, terutama klaim yang dijamin dalam polis atau termasuk dalam klausul pengecualian dalam polis.