POPULAR STORIES

Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 Resmi Beroperasi, Ciawi Ke Cigombong 15 Menit

Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 Resmi Beroperasi, Ciawi ke Cigombong 15 Menit Tol Ciawi-Sukabumi seksi 1 (JM)

KabarOto.com - Setelah jalur utara, kini pemerintah juga fokus untuk membangun jalan tol di bagian selatan pulau Jawa. Hal ini terlihat saat Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 1 dari Ciawi hingga Cigombong (15,3 Km) pada Sabtu (1/12/2018) lalu.

Kehadiran jalan tol ini pun diharapkan mampu menggerakan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bagian selatan yang selama ini tertinggal dibandingkan utara. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan tol Ciawi-Sukabumi menjadi awal pembangunan Jalan Trans Jawa bagian Selatan.

"Tol Ciawi-Sukabumi akan diteruskan hingga ke Cianjur terus ke Padalarang. Kemudian dari Bandung, Tasikmalaya hingga Cilacap dan akan dilanjutkan hingga Yogyakarta," ujar Menteri Basuki dalam keterangannya.

Selain itu, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan, pembangunan tol di Jawa Barat bagian Selatan diharapkan menjadi penyeimbang lalu lintas di bagian utara. Tol akan dilakukan secara selektif dan bertahap berdasarkan kebutuhan.

Baca Juga: 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Touring

Gerbang tol Cigombong 1

"Tidak semuanya harus tol saat ini, sebagian yang belum membutuhkan tol akan menyambung dengan jalan arteri karena ada jalan arteri kita yang sudah empat lajur," kata Sugiyartanto.

Dengan diresmikannya Seksi 1 Ciawi-Cigombong, diklaim sangat signifikan memangkas waktu tempuh. Meski hanya 15,3 Km, namun akan melewati titik-titik kemacetan di jalan arteri.

Baca Juga: Yuk! Mengenal Understeer Dan Oversteer, Serta Cara Mengatasinya

Sehingga Ciawi-Cigombong yang semula 1,5 jam, bisa ditempuh hanya 15 menit. Hal ini dianggap sangat membantu terutama bagi pengusaha kecil yang akan mengirim barang ke Jakarta dan wilayah lain.

Rencananya, keseluruhan Tol Ciawi-Sukabumi akan selesai pada tahun 2021 mendatang. Pengusahaan Tol Ciawi - Sukabumi dengan total panjang 54 Km dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Toll yang saham mayoritasnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road.