Toyota Dan Suzuki Kerjasama Bangun Mobil Listrik Futuristik

Toyota dan Suzuki Kerjasama Bangun Mobil Listrik Futuristik Ilustrasi konsep mobil listrik Toyota-Suzuki (Dok: istimewa)

KabarOto.com – Suzuki Maruti dan Toyota bekerjasama membangun SUV listrik bersama. Nantinya, mobil ini akan diproduksi masing-masing merek dan memiliki desain yang berbeda.

Dalam sebuah laporan, calon mobil listrik ini diberi nama YY8 secara internal. Kabarnya, mobil ini akan mengusung desain yang benar-benar baru dan berbeda dengan desain mobil yang beredar saat ini.

Sedikit bocoran, mobil listrik ini akan memiliki panjang sekitar 4,2 meter dengan wheelbase 2.700 mm. Artinya, akan lebih besar dibandingkan dengan Hyundai Creta. Selain itu, calon mobil listrik hasil kolaborasi ini akan dipasarkan sebagai model global, dengan mempertimbangkan bea ekspor untuk kedua pabrikan tersebut.

Baca Juga : Toyota Dan Symbio Robotics Sepakat Bangun Pabrik Berteknologi Otonom

Suzuki dan Toyota akan membangun mobil listriknya dengan konten lokal yang tinggi. Di mana, paket baterainya bersumber dari TDSG-JV, sebuah manufaktur baterai antara Suzuki, Denso, dan Toshiba karena paket baterai Li-ion yang bersumber dari pabrik Gujarat.

Mobil listrik YY8 akan dibangun dari platform 27PL yang berasal dari arsitektur global 40PL Toyota. Platform listrik kecil ini akan menawarkan banyak ruang untuk desain yang beragam, dan kedua merek akan memanfaatkan peluang untuk menciptakan interior futuristik dan kabin luas bagi penumpang.

Baca Juga : Toyota Crown Athlete S180 2005 Modifikasi Bippu Style Namun Jeroan Mesin Galak!

SUV menengah Maruti Suzuki akan ditawarkan dalam konfigurasi dua penggerak roda dan all wheel drive (AWD). Untuk varian entry-level 2WD diharapkan memiliki jarak tempuh sekitar 400 km dan mampu menghasilkan 138 dk menggunakan motor listrik tunggal dan baterai 48 kWh.

Sedangkan, untuk versi AWD akan memiliki sistem pengaturan e-motor yang diklaim mampu menghasilkan 170 dk dan kapasitas baterai 59 kWh, dengan jangkauan hingga 500 km.