Toyota Dan Symbio Robotics Sepakat Bangun Pabrik Berteknologi Otonom

Toyota dan Symbio Robotics Sepakat Bangun Pabrik Berteknologi Otonom Sketsa pabrik otonom (Dok: Toyota/Symbio Robotics)

KabarOto.com – Toyota dan Symbio Robotics bekerjasama untuk membangun pabrik yang menggunakan teknologi otonom untuk menjalankan produksi produk yang menjadi andalan Toyota.

Memang, menggunakan robot dalam industri manufaktur bukanlah hal baru. Apa yang telah berubah selama beberapa dekade adalah seberapa mampu mesin ini. Sekarang, perubahan baru sedang terjadi saat Symbio Robotics mendemonstrasikan dengan perangkat lunak SymbioDCS-nya yang membantu robot yang dikendalikan secara aktif belajar saat mereka bekerja.

Baca juga: Dibanderol Mulai Rp 468 Jutaan, Toyota Corolla Altis Resmi Meluncur

Banyak robot industri di masa lalu hanya dapat bekerja dalam serangkaian parameter tertentu sehingga beradaptasi dengan produk baru atau mengoreksi perbedaan bisa jadi sulit. Kini, Toyota memanfaatkan SymbioDCS untuk mempercepat lini produksinya sekaligus meningkatkan kualitas dan efisiensi.

“Perangkat lunak berbasis AI Symbio memberi tim Toyota kendali waktu nyata atas robot industri kami dan memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk membantu memenuhi permintaan pelanggan dan pasar yang terus berubah,” kata Pascal Renouil, General Manager of Advanced Technology di Toyota North America.

Baca juga: Paket Upgrade Tampilan Toyota Voxy Dari Modellista Makin Sedap Dipandang

Setiap kali menyelesaikan tugas, robot ini mengambil informasi dari pekerjaan itu dan menerapkannya ke pekerjaan berikutnya. Mereka juga mengatakan bahwa waktu yang dibutuhkan robot bertenaga SymboDCS untuk beradaptasi dengan produk baru berkurang setengahnya dibandingkan metode manufaktur sebelumnya.

Teknologi ini adalah peningkatan besar dalam dua bidang produksi utama yang dapat memangkas biaya dalam jangka panjang. Teknologi ini juga memberikan lebih banyak keamanan bagi pekerja dengan mengurangi bahaya ergonomis di jalur perakitan.

Toyota mengatakan bahwa mereka berencana untuk menggunakan produk Symbio Robotics pada lini produksi bermesin bensin dan hybrid termasuk Toyota Tundra, Rav4, dan Camry.

Berita Terkait

Berita Terkait