POPULAR STORIES

Toyota Dan Yamaha Kerjasama Bikin Mesin Bertenaga Hidrogen

Toyota dan Yamaha Kerjasama Bikin Mesin Bertenaga Hidrogen Prototipe Toyota GR Yaris bertenaga hidrogen (Dok: Toyota)

KabarOto.com – Toyota berkolaborasi dengan Yamaha untuk pengembangan mesin V8 dengan bahan bakar hidrogen. Meskipun tidak sepenuhnya baru, mesin berkapasitas 5.000 cc ini digunakan juga oleh Lexus RC F.

Yamaha mengklaim mesin ini mampu menghasilkan tenaga 444 dk dan torsi 540 Nm. Bandingkan, dengan versi konvesionalnya yang bertenaga 472 dk dan torsi 536 Nm, dan digunakan oleh Lexus RC F Track Edition.

Insinyur Yamaha, Takeshi Yamada menjelaskan bahwa, “Mesin memiliki karakter yang berbeda dengan motor bensin konvensional. Mesin hidrogen memiliki keunggulan ramah lingkungan yang membuatnya mudah digunakan bahkan tanpa menggunakan alat bantu mengemudi elektronik.”

Baca Juga : Berapa Harga Dan Usia Pakai Aki Yamaha Fazzio

Pada tahap ini, tidak ada perusahaan yang mengumumkan apa pun tentang teknologi yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Atau, memang, bagaimana merutekan sistem pembuangan yang terhubung ke manifold knalpot 8 ke 1 yang dipasang di atas, yang diklaim Yamaha menciptakan suara frekuensi tinggi yang sangat khas.

Dalam pengembangan mobil bertenaga hydrogen, Toyota cukup serius. Buktinya, Toyota Corolla bertenaga hidrogen sudah balapan di seri balap Super Taikyu Jepang dan juga memamerkan prototipe GR Yaris bertenaga hidrogen berteknologi yang sama.

Baca Juga : Aki Yamaha Fazzio Hybrid Ada Di Bawah, Aman Kah?

Sementara itu, Yamaha telah berjanji untuk menjadi pabrikan netral karbon pada tahun 2050, dan mulai mengembangkan mesin hidrogen untuk mobil lima tahun lalu.

“Bekerja sama dengan perusahaan dengan budaya perusahaan dan bidang keahlian yang berbeda serta meningkatkan jumlah mitra yang kami miliki adalah cara kami ingin memimpin di masa depan,” ungkap Presiden Yamaha Motor Yoshihiro Hidaka.