POPULAR STORIES

Toyota GR H2 Racing Concept, Dikembangkan Untuk Persaingan Masa Depan

Toyota GR H2 Racing Concept, Dikembangkan untuk Persaingan Masa Depan Foto: Toyota

KabarOto.com - Mobil balap berteknologi hidrogen tinggal menunggu waktu untuk berlaga di balapan Le Mans 24 Hours. Toyota Gazoo Racing akhirnya Luncurkan "GR H2 Racing Concept" untuk menghadapi balapan ketahanan paling bergengsi tersebut.

Dikembangkan dengan persaingan di masa depan, pembukaan GR H2 Racing Concept didorong oleh pengumuman oleh ACO, penyelenggara Le Mans 24 Jam, yang akan memungkinkan kendaraan bermesin hidrogen untuk bersaing selain kendaraan listrik sel bahan bakar, dalam kategori kelas hidrogen.

Baca juga: Toyota Prius 24h Le Mans Centennial GR Edition Resmi Diperkenalkan

Berbicara pada konferensi pers Automobile Club de l'Ouest (ACO) di Circuit de la Sarthe di Prancis, Akio Toyoda, Ketua Toyota Motor Corporation, mengucapkan selamat kepada ACO pada peringatan 100 tahun ketahanan Le Mans 24 Jam (Le Mans). Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan untuk mengasah mobil melalui balapan.

Toyota telah berkompetisi menggunakan Corolla bermesin hidrogen di Seri Super Taikyu sejak Putaran 3 musim 2021 dan membalap dengan mobil yang sama di Idemitsu 1500 Super Endurance 2022 di Sirkuit Internasional Chang, Thailand, pada Desember 2022.

Rencananya Toyota akan membalap mobil hidrogen pada edisi 2026 dari Le Mans 24 Jam mengikuti keputusan penyelenggara balapan. Pada akhir dekade ini, ACO memperkirakan bahwa semua mobil dalam kompetisi akan menampilkan semacam powertrain hidrogen.

"Le Mans adalah tempat di mana kita dapat mendorong batasan dan mewujudkan masa depan. Tujuan saya adalah mencapai netralitas karbon tanpa mengorbankan kecepatan atau kegembiraan balapan. Saya tidak akan berinvestasi dalam teknologi ini jika saya tidak berpikir kita bisa menang dengannya. Hidrogen bukan hanya tentang emisi nol tetapi teknologi yang benar-benar menarik: menghasilkan suara, torsi, dan dinamika.Ini semua hal ini," ujar Akio Toyota saat debut mobil konsep.

Baca juga: Delage Kembali Ke Le Mans Setelah 73 Tahun

Toyota mengasah teknologinya di lingkungan olahraga motor yang keras dan, dengan mitra yang berpikiran sama di dalam dan di luar industri otomotif, mempercepat upayanya untuk memproduksi, mengangkut, dan menggunakan hidrogen menuju realisasi masyarakat netral karbon.

Toyota bermaksud untuk lebih memajukan upaya tersebut untuk membuat mobil-mobil olahraga motor yang lebih baik dan mewujudkan masyarakat netral karbon dan berharap untuk mengambil tantangan dari generasi baru balapan Le Mans 24.