Toyota GR Supra Transmisi Manual, Ini Segala Kelebihannya!

Toyota GR Supra Transmisi Manual, Ini Segala Kelebihannya! Toyota GR Supra iMT (Foto: Toyota Eropa)

Kabaroto.com - Sejak diluncurkan, Toyota GR Supra menjadi sports car yang mendapat respons positif dari para penggemar kecepatan di jalan raya. Nah, kali ini bakal makin riuh lagi peminatnya berkat suguhan transmisi manual enam percepatan GR Supra yang tentunya akan menambah adrenalin berkendara selain dari mobil yang memang menyenangkan untuk dikendarai.

Adapun untuk Toyota GR Supra bertansmisi manual ini masih tetap dengan andalan instalasi mesin enam silinder segaris, berkapasitas 3.000 cc yang sebelumnya hanya gunakan transmisi otomatis delapan kecepatan bertenaga 340 dk. Sementara mesin empat silinder 2.000 cc bertenaga 258 dk baru ditambahkan ke jajaran sejak tahun lalu, masih dengan transmisi otomatis sebagai standar.

Baca juga: Toyota GR Supra 50 Edition Paling Langka

Toyota telah mendengarkan penggemar dan pelanggan mobil sport, dan dapat mengonfirmasi bahwa GR Supra baru dengan transmisi manual cerdas enam kecepatan (iMT). Dirancang untuk menyenangkan pengemudi yang menyukai kontrol dari transmisi manual dengan perpindahan waktu yang tepat. Penambahannya line-up ini berarti Toyota melengkapi pilihan ketiga model GR yang tersedia dengan transmisi manual dan tiga pedal sebagai standar, yakni GR Yaris, GR Supra, dan GR86.

Sesuai dengan kualitas rekayasa murni GR Supra, pengembangan ini bukan hanya masalah penggunaan solusi yang siap pakai. Transmisi baru, bersama dengan kopling baru telah direkayasa secara khusus agar sesuai dengan karakteristik tenaga dan torsi mesin GR Supra 3.000 cc.

Pada saat yang sama, sistem kontrol pengereman dan suspensi GR Supra telah disempurnakan untuk kinerja yang lebih baik. Tak ketinggalan model spesial berbobot ringan, bahkan lebih ringan dari model transmisi manual, memangkas beratnya hingga 40 kg. Tentunya jurus ini meningkatkan kelincahan dalam mengendarai GR Supra.

Oh iya Sob, transmisi manual yang dipasang di GR Supra telah direkayasa dan disesuaikan khusus untuk digunakan oleh coupe enam silinder segaris ini. Para ahli mesin mampu memodifikasi rumah transmisi, driveshaft dan gear set yang ada dan menghilangkan elemen yang tidak diperlukan, seperti paket akustik, yang berdampak memangkas bobot.

Di jantung transmisi terdapat penyempurnaan kopling terbaru berdiameter lebih besar dan pegas diafragma yang diperkuat. Akibat area gesekan yang lebih besar dan pegas yang lebih kuat, komponen baru ini memiliki kemampuan kinerja tinggi yang sesuai untuk digunakan dengan mesin torsi tinggi GR Supra.

Untuk menghindari akselerasi yang lamban, rasio final drive telah dipersingkat. Sebelumnya 3,15 (di GR Supra otomatis), kini menjadi 3,46. Hasilnya adalah respon sport dan gearing yang sesuai untuk performa mobil sport.

Penyempurnaan juga merembet hingga ke suspensi dan juga respons dari lingkar kemudi. Dibuat lebih kaku dan anti roll-bar depan belakang juga ditingkatkan kemampuannya.

Ergonomis dalam pengoperasian transmisi juga dipikirkan para desainer GR Supra bertransmisi manual. Desain konsol tengah yang ada memungkinkan jarak yang tidak memadai antara tuas transmisi dan panel kontrol AC. Untuk mencapai ergonomis yang sempurna, unit konsol dan kontrol pemilihan mode berkendara telah didesain ulang. Selain itu, rasio tuas telah diubah dan upaya yang diperlukan untuk melakukan perpindahan dan mengaktifkan gigi mundur telah disesuaikan.

Baca juga: Paket Body Kit Ini, Bikin Toyota GR Supra Lebih Gahar!

Tata letak yang direvisi memberikan jarak bebas 42 mm yang nyaman antara kenop shift dan panel AC.

Rasa perpindahan gigi di tangan dan berat pengoperasian adalah bagian dari hubungan sensorik manusia dengan mobil, jadi perhatian telah diberikan pada berat dan bentuk kenop gigi serta kualitas perpindahan gigi. Akibatnya, Toyota menyesuaikan tingkat upaya dengan melakukan gerakan mundur dan memilih kenop gigi yang lebih berat (200 g) untuk efek inersia yang lebih menyenangkan saat digunakan.