POPULAR STORIES

Toyota Kembangkan Produk Gazoo Racing Menggunakan Basis Mobil Listrik BZ4X?

Toyota Kembangkan Produk Gazoo Racing Menggunakan Basis Mobil Listrik bZ4X? Toyota bZ4X (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Toyota Motor Corporation berencana menghadirkan produk baru yang menggunakan DNA Gazoo Racing (GR). Menariknya, pabrikan mobil Jepang ini akan mengambil basis dari mobil listrik Toyota bZ4X.

Sebagai informasi, line up GR Toyota saat ini sudah diisi oleh GR Supra, GR Yaris, GR 86 dan terakhir GR Corolla.

Menurut keterangan Koji Sato, CEO Toyota Motor Corporation, merek Gazoo akan diakui di masa depan, dan pihak Toyota mungkin akan mempercepatnya.

"Master driver kami juga presiden perusahaan, sekaligus memegang setir untuk produk Gazoo. Dirinya punya banyak waktu untuk mengembangkan model terbaru," ungkap Koji Sato.

Baca Juga: PT TAM Beri Garansi 8 Tahun Untuk Baterai Toyota BZ4X

Toyota bZ4X diluncurkan di Indonesia tahun 2022

Sebelumnya, Toyota dikabarkan memang tengah mengembangkan mobil listriknya yang mengusung performa dari Gazoo Racing. Selain itu, mobil berbahan bakar hidrogen juga masuk dalam rencana Toyota, untuk mengimplementasikan esensi mobil balap yang ramah lingkungan.

All New Toyota bZ4X menjadi mobil listrik berbasis baterai (BEV) pertama yang dipasarkan di Indonesia. Produk ini merupakan bentuk dukungan pabrikan kepada program pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2060.

Baca Juga: Begini Asal Lahirnya Toyota Gazoo Racing Di Indonesia

Mobil listrik ini dibangun dari basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, dioptimalkan, dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle. Selain itu, Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Lithium-ion Battery yang digunakan Toyota bZ4X diklaim dapat diisi ulang dari 0 hingga 80% dalam waktu 9-10 jam dengan metode normal charging atau menggunakan daya listrik rumah. Namun, jika dicas menggunakan fast charging, untuk mengisi dari 0 ke 80% kapasitas, hanya butuh 30 menit.