POPULAR STORIES

Toyota Rumion, Kembaran Suzuki Ertiga Hadir Di Afrika Selatan

Toyota Rumion, Kembaran Suzuki Ertiga Hadir di Afrika Selatan Toyota South Africa

KabarOto.com – Toyota Afrika Selatan baru saja meluncurkan Toyota Rumion. Meskipun ini sebuah mobil baru, namun tampangnya sudah tidak asing. Karena memang mobil tersebut merupakan hasil berbagi platform dari Suzuki Ertiga.

Toyota dan Suzuki memang sudah menjalin kerja-sama cukup erat, sebelumnya ada Toyota Starlet yang mengambil basis dari Suzuki Baleno Hatchback. Lalu Toyota Urban Cruiser di mana SUV tersebut tercipta dari sebuah Suzuki Vitara.

Baca Juga : Toyota Starlet Kembali Lagi, Gunakan Basis Suzuki Baleno

Kali ini giliran MPV, perbedaan paling mencolok hanya dari bagian gril saja. Jika Ertiga menggunakan desain gril horizontal tipis bergaris putus-putus. Rumion didesain memiliki ukuran aksen krom lebih besar dan hanya terdapat tiga garis tebal. Sisanya hanya emblem yang diubah, lalu baik pelek, desain bumper hingga lampu semua sama.

Begitu juga interior, interior Rumion tidak berbeda dengan Ertiga, mengaplikasikan perpaduan warna hitam dan krem, dengan aksen wood panel gelap sehingga terkesan mewah. Desain setir juga sudah flat bottom ala mobil sport berikut audio steering switch dan tombol telepon. Head unit memiliki koneksi wifi dan telah terintegrasi Android Auto dan Apple Carplay.

Baca juga: Permintaan Ertiga Dan XL7 Meningkat, Suzuki Tambah Jam Kerja Di Pabrik

Berbicara mesin juga sama yakni K15B berkapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 103 dk pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 138 Nm pada 4.400 rpm. Dengan dua pilihan transmisi antara lima percepatan manual atau empat percepatan otomatis.

Toyota Rumion memilik tiga tipe yakni S, SX dan TX, harganya mulai dari Rp 231 untuk tipe S M/T hingga termahal TX A/T Rp 300 jutaan.