POPULAR STORIES

Toyota Siap Produksi Mobil Hybrid Di Fasilitas Karawang

Toyota Siap Produksi Mobil Hybrid di Fasilitas Karawang

KabarOto.com - Toyota di Indonesia sudah memasuki tahun ke-50 hadir di Indonesia. Meski sudah mengklaim sebagai produsen dengan penjualan terbesar di Indonesia, namun tidak membuat perusahaan ini terlena. Mereka sedang mempersiapkan mobil hybrid yang ramah lingkungan untuk masyarakat Indonesia.

Untuk itu, perusahaan asal Jepang ini mengaku sedang siapkan produksi di pabrik sampai layanan di Indonesia. Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, menyebutkan pabrik di Karawang, Jawa Barat, akan mulai memproduksi mobil hybrid tahun depan.

Baca Juga: Toyota Tanggapi Rencana Menkeu Naikkan Pajak Mobil PHEV Dan Hybrid

"Mobil hybrid Toyota made in Indonesia ini nanti tidak hanya untuk pasar domestik, tetapi juga untuk pasar ekspor," jelas Warih, dalam video Youtube yang disiarkan langsung, beberapa waktu lalu.

Namun, Warih belum menyebutkan, mobil apa yang akan disematkan teknologi tersebut. Karena, di pabrik TMMIN, telah memproduksi sejumlah model seperti Kijang Innova, Fortuner, dan model-model lainnya.

Sementara itu, saat berdiskusi dengan wartawan secara virtual, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, menambahkan, persiapan yang dilakukan bukan teknologi produksi di pabrik, tapi juga sumber daya manusia (SDM) dipersiapkan.

"Memang tepat sekali transformasi industri itu kita bicara mengenai people, jadi untuk masuk era elektrifikasi kita diuntungkan dengan memiliki cadangan nikel yang besar," terang Bob.

Teknologi saja menurut dia tidak akan cukup, butuh Sumber Daya Manusia yang mengerti dan ini menjadi catatan panjang Toyota yang telah memasuki usia 50 tahun.

Beberapa program yang dipersiapkan untuk meningkatkan SDM, adalah program diploma yang bisa dicontoh konsepnya kekurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), bekerja sama dengan 7 universitas untuk melahirkan riset mobil listrik, dan berbagai langkah lainnya.

Baca Juga: Toyota Raize Segera Diperkenalkan, Konsumen Diminta Sabar

"Kemudian kita juga punya mempelajari konsumen behaviour, karena konsumen kita sangat unik akan dipenuhi generasi millenial dan mereka akan menjadi leading konsumen ke depan. Kita harus punya itu, kita akan menjadikan pemimpin perubahan dan bisa memberikan perubahan sebesar-sebesarnya," tegas Bob.