POPULAR STORIES

Toyota Starlet Baru Gunakan Basis Baleno, Ini Alasannya

Toyota Starlet Baru Gunakan Basis Baleno, Ini Alasannya Toyota Starlet terbaru dipasarkan di Afrika Selatan (Foto: Toyota.co.za)

KabarOto.com - Toyota Starlet pernah hadir di Indonesia pada tahun 1980-an hingga 1990-an. Mobil ini cukup laris dan banyak beredar di kota besar Indonesia. Toyota Starlet pun dihentikan produksinya pada tahun 1999, diganti dengan Yaris pada tahun 2005.

Kini, Toyota Starlet kembali hadir, namun di Afrika Selatan. Mobil ini menjadi penerus Toyota Yaris yang saat ini tidak lagi diproduksi. Meski demikian, basis Toyota Starlet tidak diambil dari Yaris, tapi menggunakan Suzuki Baleno.

Baca Juga: Rayakan 50 Tahun, Toyota Indonesia Rangkul Undip Majukan SDM Kendaraan Listrik

Dikutip dari Iol.co.za, Jumat (27/5), peluncuran mobil yang masuk ke segmen hatchback ini akan dilakukan awal Juni 2022 mendatang. Penjualannya diprediksi akan melebihi Baleno maupun sejumlah kompetitornya seperti Volkswagen Polo Vivo.

Tampilan Toyota Starlet terbaru (Foto: Toyota.co.za)

Toyota Afrika Selatan sudah menampilkan model itu di website resminya. Harga yang ditawarkan mulai Rp210 jutaan untuk varian terendah, dan Rp290 jutaan untuk varian tertinggi.

Toyota Starlet terbaru menggunakan mesin 1.5 L dari Suzuki, berkode K15B, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 103 dk dengan torsi 138 Nm. Tersedia dalam transmisi 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Konsumsi bahan bakarnya mencapai 18 kpl. beragam fitur yang disematkan di antaranya, enam airbag, double blower, cruise control, head unit dengan ukuran 9 inci, Toyota-Connect yang dilengkapi WiFi, konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto hingga voice command.

Lalu kenapa Toyota Starlet menggunakan basis Suzuki Baleno? Toyota dan Maruti Suzuki sudah menjalin kerja sama untuk mengembangkan model, untuk dijual di beberapa kawasan. Produksinya terpusat di India.

Dari kerjasama tersebut, Toyota juga turut memasarkan Suzuki Baleno di India, namanya Toyota Glanza. Untuk pasar Afrika mobil itu namanya diubah menjadi Toyota Starlet. meski menggunakan basis Baleno, namun Toyota Starlet bentuknya tetap mempertahankan ciri khasnya sebagai sebuah hatchback.

Baca Juga: Dosen Teknik UI Angkat Bicara Rencana Toyota Calya Diubah Jadi Mobil Listrik

Dilansir dari GaadiWaadi, produksi Toyota Starlet menggunakan pabrik Suzuki di Gujarat, India. Pabrik tersebut, juga membuat model lain, seperti Baleno dan Glanza. Toyota pun kembali membangkitkan Starlet di Afrika Selatan, karena benua tersebut dianggap sangat potensial.