POPULAR STORIES

Track Limit Bikin Brad Binder Kehilangan Dua Podium Di MotoGP Belanda

Track Limit Bikin Brad Binder Kehilangan Dua Podium di MotoGP Belanda Brad Binder (Foto: MotoGP)

KabarOto.com - Brad Binder mengalami nasib sial di MotoGP Belanda 2023. Pembalap KTM meraih podium ketiga di sesi sprint race dan balap utama, tapi terkena hukuman karena aturan Track Limit.

Pada sesi sprint race, Brad Binder turun dua posisi ke posisi kelima, sedangkan pada balapan utama, Binder turun satu posisi dan digantikan oleh Aleix Espargarao yang meraih podium ketiga.

Sebagai informasi, Track Limit merupakan lintasan yang diberi warna hijau di beberapa sektor. Pembalap yang melintas di batas warna hijau itu dikenakan Track Limit. Pembalap yang melanggar diketahui berkat adanya sensor yang dipasangkan di sirkuit.

Baca Juga: Klasemen Sementara MotoGP 2023: Francesco Bagnaia Jaga Jarak Aman

Terlihat ban depan Brad Binder menyentuh Track Limit

Menurut keterangan Mike Webb, Race Director MotoGP, aturan Track Limit sudah diberlakukan sejak lama. Sensor yang dipasangkan di sirkuit, membuat race director lebih mudah mengambil keputusan.

"Pembalap yang menyentuh track limit (satu ban) berarti dia melanggar peraturan. Dulu berlaku untuk dua ban, kalau sekarang lebih akurat dan adil," jelas Webb.

Pembalap yang menyentuh track limit sebanyak tiga kali akan diberi peringatan selama balap dan lima kali akan diberi penalti lap panjang atau long-lap penalty. Namun itu tentu dengan melihat situasi dan kondisi yang terjadi ketika balapan berlangsung.

Baca Juga: Hasil MotoGP Belanda 2023: Francesco Bagnaia Balas Kekalahan Di Sesi Sprint Race

"Pembalap yang menyentuh Track Limit akan dikenakan penalti. Tapi, jika kondisi terpaksa karena menghindari crash, tidak akan dikenakan penalti," ungkap Webb.

Sementara itu, jika pembalap menyentuh Track Limit ketika sesi latihan bebas, kualifikasi atau pemanasan, maka lap time-nya dibatalkan.