POPULAR STORIES

Tren Pelek Mobil 2022, Melek Fitment 'Celong' Dan Bibir Polished

Tren Pelek Mobil 2022, Melek Fitment 'Celong' dan Bibir Polished Kipli

KabarOto.com - Modifikasi mobil tak lengkap jika tak berbicara tentang ganti pelek. Ragam pelek aftermarket dari berbagai merek diyakini banyak pecinta otomotif dapat mendongkrak estetika mobil secara drastis.

Daniel Kurniadi dari Concept Motorsport, Alam Sutera, Tangerang Selatan angkat bicara soal tren pelek yang sepertinya digandrungi para pecinta mobil di tahun 2022 ini. "Jika kita kilas balik, 2019 hingga 2021 itu tren peleknya celong dan mayoritas monoblock yang ringan atau model concave," buka Daniel, sapaan akrabnya.

Phobi die-cast itu bilang, pelek-pelek tersebut lazimnya diaplikasikan pada mobil-mobil yang masih menggunakan suspensi konvensional atau yang kerap dijuluki 'static' atau 'statik'.

Baca juga: Ciamik! Pako Group Luncurkan Pelek Rally Asli Indonesia

"Sekarang (2022), sudah mulai ke arah pelek 'celong' lagi, soalnya data terakhir penjualan kita banyak yang membeli pelek tersebut baik itu model 2-pieces atau 3-pieces construction," imbuh pemukim kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara tersebut.

Ia pun menyebutkan beberapa model, seperti BBS LM dan BBS LM-R yang mulai banyak diminati lagi, lalu pelek HRE barrel 2-pieces dan FMR mulai banyak peminatnya untuk diaplikasikan ke mobil Eropa maupun Jepang.

Pria berkacamata itu menambahkan, kemungkinan pelek-pelek jenis tersebut digandrungi kembali akibat tahun 2020 dan 2021 para pemilik mobil memasangnya pada kendaraan mereka yang sudah mengadopsi suspensi udara.

Desain concave

"Jika di flashback, sebelum 2020 BMW M3 dan M4 kebanyakan pakai pelek RID, FI atau FIR yang ringan-ringan dan monoblock, nah sekarang mereka lebih ke arah klimis dan punya lips pelek celong," bebernya.

Baca juga: Ingin Agresif Dan Klasik, HSR Wheel Luncurkan Pelek HRN MH

Selain itu, tren pelek 2022 menurutnya lebih mengadopsi warna-warna yang terang seperti silver atau emas dari yang sebelumnya banyak memilih bronze, hitam dan gunmetal.

"Pehobi modifikasi juga sekarang lebih 'melek' lagi soal fitment. Mereka mencoba fitting pelek, suspensi dan ban yang cocok dan terbaik untuk mobil mereka," tutupnya.