POPULAR STORIES

Truk Hino Sudah Siap Biodiesel B35

Truk Hino Sudah Siap Biodiesel B35 Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com - Rencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menggunakan campuran bahan bakar biodiesel 35% atau B35 kabarnya akan diterapkan mulai pada Februari 2023 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Hino mengaku kalau produknya sudah siap menggunakan bahan bakar B35.

Baca juga: Hino Catat Penjualan Baik Tahun 2022, Ini Target 2023

"Hino sudah melakukan antisipasi dari tahun 2020. Begitu diperkenalkan, komponen yang berhubungan dengan biodiesel, kita sudah lakukan modifikasi agar sesuai dengan karakter biodiesel," ujar Santiko Wardoyo selaku COO PT. Hino Motors Sales Indonesia.

B35 adalah campuran biodiesel antara bahan bakar nabati (BBN) berbasis minyak kelapa sawit dengan BBM diesel. Sesuai namanya, kadar minyak sawit dalam bahan bakar adalah 35 persen, sementara 65 persen sisanya merupakan BBM solar.

Adapun beberapa part yang dilakukan penyesuaian meliputi bagian tangki solar, lalu jalur-jalur bahan bakar, filter solar, dan sebagainya.

Baca juga: Profil Hino500 Series FM 340 TH ABS

Lalu dikenalkan juga strainer, "Mungkin di beberapa pengisian solarnya itu kotor, oleh karena itu kita sediakan strainer. Fungsinya saringan yang dipasang sebelum filter solar. Strainer berguna sebagai penghancur gel pada solar, mirip seperti filter solar, namun lebih tahan lama karena bahannya stainless steel," jelas Santiko.

Sehingga Hino optimis, baik B30 atau tambah 5% jadi B35 dirasa tidak ada masalah bagi truk-truk Hino.