POPULAR STORIES

Tukar Mobil Bekas Jadi Baru, Perhatikan Hal Ini Sob!

Tukar Mobil Bekas Jadi Baru, Perhatikan Hal Ini Sob! Ilustrasi mobil bekas (Foto: Auto2000/Kabaroto)

KabarOto.com - Pembelian mobil baru dengan cara menukarnya dengan yang lama, perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak mengalami masalah di kemudian hari.

Nah, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Sobat Kabaroto, jika ingin menukar mobil lamanya dengan yang baru:

Pastikan kondisi mobil baik

Urusan kondisi mobil harus jadi perhatian, bukan hanya bisa nyaman digunakan sendiri, tapi membuat harga jual kembalinya (resale value) menjadi bagus. Semakin menjaga nilai jual ketika pemilik melakukan penggantian komponen mobil yang rusak di bengkel resmi dengan track record servis yang tercatat jelas.

Surat-surat mobil lengkap

Kumpulkan dokumen yang diperlukan dalam menjual mobil bekas, mulai dari STNK, faktur, BPKB, sampai owners guide. Pastikan pajaknya sudah terbayar dan tidak ada tunggakan tilang elektronik.

Baca Juga: Review Mobil Bekas : Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2013

Cek kondisi mobil bekas

Perhatikan fitur mobil berfungsi

Pastikan seluruh fitur kendaraan berfungsi normal sehingga calon pembeli terpikat.

Bersihkan eksterior dan interior mobil

Mobil yang bersih menandakan pemiliknya peduli dan selalu menjaga kondisi mobil. Untuk bagian luar, pastikan semua sudut bersih dan tidak ada bagian bodi baret atau penyok. Untuk bagian dalam, bersihkan hingga tuntas dan pastikan tidak ada bau apak yang mengganggu.

Cek harga mobil bekas

Ini yang juga tak kalah penting, lakukan pengecekan harga pasaran mobil bekas, bisa dengan mengecek secara online atau langsung bertanya ke showroom.

Baca Juga: Bursa Mobil Bekas Ini Klaim Percepat Perputaran Transaksi Hingga 40%

Manfaatkan jasa THS Inspector

Waspada penipuan calon pembeli online

Saat ini banyak modus penipuan terhadap penjual mobil bekas. Cukup perlihatkan fotokopi dokumen sebelum transaksi selesai untuk menghindari kejahatan. Dampingi calon pembeli saat test drive dan lakukan transaksi di rumah supaya aman. Jangan mudah tergiur rayuan, minta anggota keluarga untuk mendampingi proses transaksi.


Manfaatkan jasa THS Inspector

Layanan lengkap dari THS – Auto2000 Home Service, THS Inspector menyediakan jasa inspeksi mobil termasuk mobil bekas oleh teknisi Auto2000 yang berpengalaman disertai laporan inspeksi yang dikirim otomatis disertai sertifikat bergaransi.

Terdapat sekitar 177 item pemeriksaan pada bagian eksterior, interior, mesin dan transmisi, serta dokumen penting kendaraan yang tuntas diperiksa hanya dalam waktu 90 menit.

Auto2000 memiliki layanan THS Inspector untuk memberikan nilai lebih kepada mobil bekas yang mau dijual. "Lebih mudah lagi, konsumen tidak perlu repot menjual mobil lawas dan cukup manfaatkan layanan trade in untuk membawa pulang mobil baru Toyota idaman,” tutur Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.