POPULAR STORIES

Uji Coba E-Tilang Dimulai, Kepolisian Perbanyak Rambu Portabel

Uji Coba e-Tilang Dimulai, Kepolisian Perbanyak Rambu Portabel Ruas jalan Sudirman (dok. Istimewa)

KabarOto.com - Uji coba tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) sudah dimulai sejak 1 Oktober 2018 lalu. Kebijakan tersebut diterapkan di ruas jalan Sudirman hingga Thamrin, Jakarta.

Selama dua hari pelaksanaannya, para petugas Kepolisian telah mulai memasang rambu pendukung, salah satunya yang bertuliskan "Anda Memasuki Kawasan Pemberlakuan Tilang Elektronik", yang ditempatkan di beberapa titik jalan.

Baca juga: Catat Ya, E-Tilang Untuk Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

"Saat ini kita sudah ada empat rambu portabel yang dipasang di dua lokasi, yakni Bundaran Senayan dan Simpang Sarinah," ungkap AKBP Budiyanto, Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya saat berbincang dengan awak di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Lebih jauh Budiyanto pun menambahkan bahwa dalam beberapa hari ke depan, rambu mengenai tilang elektronik akan terus dipasang. Di mana Ia mengaku bahwa target selanjutnya di kawasan Harmoni hingga Patung Kuda. "Dengan dipasangnya rambu-rambu ini, otomatis para pengendara menjadi lebih tahu soal peraturan," paparnya.

Sekadar informasi, pelaksanaan uji coba e-Tilang sendiri akan dilakukan selama satu bulan kedepan. Dengan berlakunya uji coba ini, seluruh pengguna kendaraan bermotor yang melanggar aturan mulai dari melawan arus, ganjil-genap, hingga menerobos lampu merah dapat terdeteksi. Namun, selama masa uji coba ini polisi belum melakukan tindakan, karena sifatnya sekaligus melakukan sosialisasi kepada pengendara di sepanjang jalan tersebut.