POPULAR STORIES

Ukuran Karburator RX King, Pilih Mikuni VM 26 Atau PE 28?

 Ukuran Karburator RX King, Pilih Mikuni VM 26 atau PE 28? Ilustrasi Sepeda Motor RX King. (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Ukuran karburator RX King seringkali jadi salah satu penentu yang mempengaruhi kinerja mesin. Karburator merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting dalam mencampurkan udara dan bahan bakar untuk menghasilkan proses pembakaran yang optimal.

Ukuran Karburator RX King

Karburator RX King yang paling dikenal adalah karburator Mikuni VM 26, yang memiliki venturi sebesar 26 mm dengan diameter skep standar 30 mm.

Venturi adalah bagian dalam sistem karburator atau injeksi bahan bakar yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan aliran udara yang melewatinya. Venturi pada Mikuni VM 26 ini memiliki diameter yang cukup besar, yang mengarah ke kinerja mesin yang lebih tinggi.

Karburator PE 28 RX King

Karburator PE 28 adalah karburator lain yang dapat digunakan untuk menggantikan karburator RX King bawaan pabrik. Karburator ini memiliki venturi sebesar 28 mm, yang lebih besar dari karburator RX King. Namun, perbedaan ukuran ini tidak terlalu besar, sekitar 2 mm.

Baca Juga: Intip Spesifikasi RX King Listrik yang Curi Perhatian di GIIAS 2021

Pengaruh Ukuran Venturi Karburator terhadap Mesin

Ukuran venturi pada karburator memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja mesin. Pengaruhnya terhadap putaran mesin dan konsumsi bahan bakar sesuai dengan ukuran diameter venturi.

Ukuran Karbu RX King
Karburator RX King asli Yamaha. (Foto: Yamaha Motor Genuine)

Sepeda motor RX-King menggunakan ukuran venturi karburator 26,3 mm, 27,8 mm, dan 28,8 mm dengan putaran mesin 4000 rpm (54 km/jam) dan bahan bakar premium, menunjukkan bahwa pengurangan diameter venturi karburator dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 18,77% tanpa mengurangi kinerja/performa kendaraan nih Sob.

Baca Juga: Yamaha RX King Ini Dijual Rp30 Juta, Apa Kelebihannya?

Pilihan Karburator untuk RX King

Sebenarnya karburator Mikuni VM 26 memiliki ukuran venturi yang cocok dengan mesin 2 tak. Tapi, beberapa Sobat KabarOto menggunakan karburator konvensional, dan mereka mencari karburator dengan ukuran venturi yang lebih besar, seperti karburator PE 28, karburator ini bisa jadi pilihan bagi motor RX King.

Cara Membersihkan Karburator RX King yang Efisien

1. Pakai Cairan Pembersih

Gunakan cairan pembersih yang sesuai untuk karburator, seperti alkohol atau deterjen khusus. Bersihkan semua bagian karburator dengan cairan tersebut, termasuk filter udara, pilot jet, main jet, needle jet, dan spuyer.

2. Menggunakan Kompresor

Gunakan kompresor untuk membantu membuang kotoran yang mengendap pada karburator. Ini akan mempermudah proses membersihkan karburator Sob!

3. Gunakan Amplas Halus

Gunakan amplas halus untuk membersihkan spuyer, sekrup, dan bagian lain yang memerlukan pembersihan lebih kasar.

Baca Juga: Settingan Harian dan Settingan Touring Pada Rx King

4. Bilas dengan Bensin

Bilaslah bagian karburator, seperti mangkuk karburator dan pilot jet. cara ini bisa mengurangi kotoran yang mengendap.

5. Jangan Gunakan Air

Hindari penggunaan air dalam proses membersihkan karburator, karena air dapat menyebabkan kontaminasi yang tidak diinginkan.

6. Menggunakan Semprotan Udara Bertekanan Tinggi

Gunakan semprotan udara bertekanan tinggi untuk mengembalikan kotoran yang menjadi kerak pada karburator.

Baca Juga: Tips RX King Tetap Bertenaga Untuk Harian

7. Periksa Lagi Kondisi Karburator

Setelah proses membersihkan karburator, periksa kondisi karburator untuk mengetahui apakah ada bagian yang rusak atau tidak. Jika ada, perbaiki atau ganti komponen tersebut.

8. Rawat dengan Rutin

Lakukan perawatan rutin pada karburator untuk mencegah terjadinya endapan kotoran.

Baca Juga: Tips Menyetel Membran RX King Jadi Lebih Paten