POPULAR STORIES

UMS Dan FCM Fitur Keselamatan Yang Bisa Kembalikan Konsentrasi Saat Berkendara

UMS dan FCM Fitur Keselamatan yang Bisa Kembalikan Konsentrasi saat Berkendara

KabarOto.com - Sudah lama tidak berkendara atau bahkan yang setiap harinya tetap berkendara, fokus saat mengemudi bisa berkurang secara tiba-tiba. Padahal saat seseorang mengemudi harus memiliki konsentrasi tinggi, mata harus terus waspada begitupun dengan tangan dan kaki untuk refleknya.

Namun, beberapa kondisi membuat seseorang konsentrasinya menurun, hal itu memengaruhi refleknya. Tak sedikit ditemukan pengemudi yang tidak sengaja menginjak pedal gas. Peristiwa ini tentunya sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain di sekitar kendaraan, termasuk yang di dalam kendaraan.

Baca Juga: 7 Fitur Keamanan Modern Yang Kini Tersedia Di New Mitsubishi Triton

Salah satu fitur keamanan yang bisa meminimalisir efek dari kelalaian ini dimiliki oleh kendaraan Mitsubishi. Fitur tersebut yaitu Ultra Mis-acceleration Mitigation System (UMS) dan Forward Collision Mitigation (FCM).

Fitur UMS merupakan teknologi keselamatan berupa sensor radar. Teknologinya terintegrasi secara otomatis, kemudian akan mengirimkan sinyal apabila terdeteksi hambatan baik di depan maupun di belakang kendaraan. Sensornya ada delapan, terbagi menjadi empat di depan dan empat di belakang.

Kalau Sobat KabarOto saat mengemudi lalu salah menginjak pedal, fitur UMS ini secara otomatis akan membatalkan akselerasi. Berkat fitur ini kendaraan tidak menabrak hambatan di depannya.

Baca Juga: Keamanan Jadi Prioritas, Fitur Keselamatan MG ZS Berlimpah

"Syarat UMS aktif itu bukan digas pelan-pelan. Bayangannya seperti mau injak rem mendadak, panik, malah injak pedal gas, baru sensor itu bekerja," jelas Boediarto Head of Technical Service PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales.

Sedikit berbeda dengan UMS, FCM akan membantu pengemudi yang lengah saat di depan ada kendaraan lain, tapi pengemudi tidak mengurangi kecepatan bahkan tidak menginjak rem sekalipun.

Fitur ini tidak membuat mobil berhenti begitu saja, FCM akan memberikan peringatan dengan suara. Kalau pengemudi masih belum memberi respon, fitur ini akan memberi sinyal suara ditambah perlambatan atau pengereman perlahan secara otomatis.

Kalau pengemudi masih belum memberikan respon maka fitur tersebut akan membaca dan menganggap pengemudi tertidur. Selanjutnya, FCM akan melakukan pengereman secara otomatis.