POPULAR STORIES

'Unboxing' Ilegal Mandalika Terhadap Motor Tim Ducati Tak Benar, Ini Faktanya

'Unboxing' Ilegal Mandalika Terhadap Motor Tim Ducati Tak Benar, Ini Faktanya

KabarOto.com - Sehubungan beredarnya pemberitaan tentang pembukaan peti atau box motor peserta Idemitsu Asian Talent Cup 2021 dan WSBK 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Happy Harinto selaku Direktur Strategis & Komunikasi MGPA menjelaskan bahwa pembukaan peti atau box motor tersebut merupakan bagian dari prosedur custom clearance yang harus dilakukan.

Ia bilang, seluruh barang yang dibawa masuk Dorna ke Indonesia harus melalui pemeriksaan sebelum diijinkan digunakan. Pemeriksaan harus dibuka oleh pemilik barang dan/atau dibuka oleh pihak forwarder yang mengurus impor/ekspor barang tersebut dengan ijin dari pemilik yaitu Dorna.

Saat pemeriksaan dilakukan, prosedurnya peti atau box motor dibuka oleh forwarder disaksikan oleh pihak Dorna dan custom clearance. Pemeriksaan barang yang masuk ke Indonesia, untuk memastikan bahwa barang yang dibawa masuk ke Indonesia sesuai dengan master list.

Hasil pemeriksaan tersebut, disebut nantinya akan menjadi dasar pemeriksaan atas barang-barang yang akan dibawa keluar dari Indonesia saat event selesai, apakah sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang dibawa masuk.

Baca juga: BMW X3 XDrive30e Jadi Official Safety Car Sirkuit Mandalika

Saat pemeriksaan dilakukan, ada pihak yang tidak berkepentingan dan tidak mengerti proses yang berlangsung, mengambil gambar dan mem-viralkan dengan isi berita yang tidak sesuai. Menurut Happy, yang bersangkutan bukan karyawan MGPA.

Sebelumnya Speedweek mengabarkan bahwa Direktur Sport Ducati Corse, Paolo Ciabatti, marah besar kepada Indonesia yang melakukan "unboxing" ilegal motor Ducati.

Bahkan, disitu, pihaknya juga menulis bahwa insiden semacam ini hanya terjadi di negara dunia ketiga dan dari 40 tahun lalu.

Happy mengatakan, "Saya pastikan proses pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur", kata Happy.

Happy juga menjelaskan bahwa event yang sangat penting, membawa nama Indonesia ke dunia, karenanya mereka berusaha tertib dalam melaksanakannya.

Baca juga: Ini Piala-piala Untuk Event Pertama Sirkuit Mandalika

Gregorio Lavilla, Executive Director Dorna World SBK Organization, memahami yang terjadi di lapangan dan mengerti sepenuhnya hal ini terjadi akibat antusiasme yang tinggi menyambut kehadiran event World SBK di Mandalika, Lombok.

Bagi World SBK dan Tim Ducati yang paling penting saat ini, event World SBK bisa berlangsung dengan sukses di Indonesia.

"Bertentangan dengan apa yang diberitakan beberapa media, Paolo Ciabatti, dan Ducati Corese tidak pernah membuat pernyataan apa pun terkait peristiwa di Sirkuit Internasional Mandalika, kami menantikan untuk melihat semua penggemar kami di Indonesia dan mengunjungi Indonesia untuk seri WorldSBK dan Grand Prix MotoGP tahun depan," demikian pernyataan Ducati (12/11).