POPULAR STORIES

VKTR Dan Gotion Sepakat Produksi Komponen Baterai Kendaraan Listrik

VKTR dan Gotion Sepakat Produksi Komponen Baterai Kendaraan Listrik Penandatanganan kerja sama (Foto: VKTR)

KabarOto.com - PT VKTR Teknologi Mobilitas menjalin kerja sama dengan perusahaan baterai asal Tiongkok dan India, yakni Gotion High-Tech Co.,Ltd melalui anak usahanya PT. Gotion Indonesia Materials, untuk mengembangkan komponen penting dalam industri baterai kendaraan listrik.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Dirut VKTR Gilarsi W. Setijono dan Direktur Eksekutif PT Gotion Indonesia Materials Shen Wenbo.

"Kerja sama ini nantinya akan berfokus pada pengembangan pak baterai, yang merupakan salah satu komponen penting dalam anatomi baterai kendaraan listrik," terang Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono.

Baca juga : VKTR Gandeng GAS Hadirkan 4 Motor Listrik Tahun 2023

Perushaan akan membantu menyediakan pak baterai lithium

VKTR berencana memproduksi kendaraan listrik berbasis baterai dengan kebutuhan baterai yang sudah diproyeksikan hingga tahun 2027. Nantinya, perusahaan akan membantu menyediakan pak baterai lithium untuk keperluan kendaraan listrik baru maupun kendaraan listrik hasil retrofit yang akan diproduksi oleh VKTR.

Merancang pak baterai yang tepat sangat penting untuk memenuhi harapan VKTR sebagai pelanggan. Terutama dalam hal jangkauan, biaya, keamanan, daya tahan, dan pengalaman berkendara. Namun, mengintegrasikan teknologi ini dalam kendaraan merupakan tantangan, karena biaya dan kinerja harus dipertaruhkan.

"Baik pendatang baru maupun pemain lama dalam bidang otomotif akan menghadapi tantangan untuk menyeimbangkan faktor ini, terutama karena belum ada OEM yang memiliki pengalaman memproduksi paket baterai untuk memandu pengambilan keputusan mereka," jelas Gilarsi.

Baca juga : Kisaran Harga Motor Listrik Setelah Dapat Insentif Rp 8 Juta

Untuk mengoperasikan kendaraan listrik, diperlukan daya yang sangat besar ribuan kali lebih kuat daripada ponsel pintar. Itulah sebabnya mobil listrik membutuhkan puluhan sel baterai hingga ribuan.

Mengelola sel baterai yang tak terhitung jumlahnya yang dipasang dalam satu EV dengan aman dan efisien, sel tersebut dipasang dalam bentuk modul dan pak. Sederhananya, sel, modul, dan pak adalah unit baterai yang dikumpulkan.

"Sekelompok sel membentuk modul dan sekelompok modul membentuk pak. Pada akhirnya, dalam kendaraan listrik, satu bentuk baterai dipasang satu pack," pungkas Gilarsi.