POPULAR STORIES

Kisaran Harga Motor Listrik Setelah Dapat Insentif Rp 8 Juta

Kisaran Harga Motor Listrik Setelah Dapat Insentif Rp 8 Juta Motor listrik Gesits (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Jika mobil lsitrik mendapatkan insentif Rp 80 juta, motor listrik juga akan mendapatkan insentif Rp 8 juta.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, motor listrik yang baru insentif sekitar Rp 8 juta. Sementara motor konversi menjadi motor listrik akan diberikan insentif sekitar Rp 5 juta.

Sebagai gambaran, KabarOti.com merangkum harga motor listrik yang dipasarkan di Indonesia, setelah mendapatkan insentif senilai Rp 8 juta.

Baca juga : Ini Biaya Konversi Motor Listrik Honda Vario Dan BeAT

Gesits

Gesits terbagi menjadi dua jenis yang dibedakan dari jumlah baterai. Untuk yang berkapasitas satu baterai dibanderol Rp 28.970.000, sedangkan kapasitas dua baterai dibanderol Rp 36 jutaan. Jika mendapatkan subsidi senilai Rp 8 juta, harganya menjadi Rp 20.970.000.

Motor listrik Gesits dibekali baterai lithium-ion yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 50 km untuk satu baterai. Untuk yang kapasitas dua baterai, jarak tempuhnya menjadi 100 km.

Memiliki tiga mode berkendara, yakni Eco dengan kecepatan maksimum 45 kpj, Urban 60 kpj, dan Sport 70 kpj. Terdapat pula tombol untuk mundur, sehingga memudahkan penggunanya saat memarkirkan kendaraan. Pengisian baterainya membutuhkan waktu antara 3-4 jam.

Motor listrik Alva One

Baca juga : Jawaban Honda Soal Target Produksi 2 Juta Unit Motor Listrik Di Indonesia Tahun 2025

Alva One

Alva One ditawarkan dalam lima pilihan warna, di antaranya Supernova Black, Halo White, Indie Red, Casual Blue, dan Edgy Turquoise. Harganya sekitar Rp 34.990.000. Setelah mendapatkan insentif Rp 8 juta, harganya menjadi Rp 26.990.000.

Mesin penggerak skutik ini menggunakan motor listrik bertenaga 5,4 dk, dan torsi maksimal 46,5 Nm. Dengan baterai lithium 60 V 4,5 Ah (2,7 kWh), butuh waktu empat jam sekali pengisian. Di atas kertas, kecepatannya bisa sampai 90 kpj, jarak tempuh 70 km.

Polytron Fox-R

Polytron Fox-R

Polytron meluncurkan motor listrik, yakni Fox-R di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022. Memiliki dimensi kecil, namun desain sporty nan futuristis. Skutik listrik ini dibekali penggerak motor listrik berkekuatan 3kW, atau setara 4 dk.

Penggerak ini didukung oleh paket baterai 3,7 kWh, mampu menempuh jarak 130 km, kecepatan maksimalnya 90 kpj. Pengisian daya baterai juga dipermudah, karena model portable. Lalu, pengisian baterai dari 0-80% hanya 4 jam 30 menit.

Polytron Fox-R dibanderol sekitar Rp 18 juta. Setelah mendapatkan insentif Rp 8 juta, harganya menjadi Rp 10 juta.