POPULAR STORIES

Volta Rencanakan Peluncuran Truk Listrik Di Amerika Serikat

Volta Rencanakan Peluncuran Truk Listrik di Amerika Serikat Foto: Volta Trucks

KabarOto.com - Startup e-truck komersial Volta Trucks mengumumkan akan hadir di Amerika Serikat, rencananya pada akhir 2023 akan melakukan uji coba percontohan di negara bagian California, dengan prototipe Volta Zero.

Debut truk listrik ini akan hadir di Advanced Clean Transportation Expo (Transportasi Bersih Lanjutan) di Anaheim bulan Mei, mengikuti pemberian sertifikasi persetujuan tipe di Eropa, yang memungkinkan perusahaan untuk memproduksi dan menjual modelnya di seluruh benua.

Baca juga: MD Electric Jadi Truk Listrik Menengah Masa Depan

Sekali cas baterai listrik, bisa menempuh 52 km hingga 201 km

Prototipe generasi kedua akan dipinjamkan kepada pelanggan untuk dievaluasi, sehingga operator armada dapat memahami sepenuhnya bagaimana truk listrik ini akan diintegrasikan ke dalam operasi mereka.

Pengenalan truk listrik ini di Amerika Serikat akan dimulai di pantai barat dengan 2 unit prototipe, sebagai bagian dari uji coba armada percontohan yang serupa dengan skema yang beroperasi di Eropa.

Truk Volta Zero seberat 16 ton akan tersedia dengan bank baterai Proterra modular (150 hingga 225 kWh) yang mampu menempuh jarak antara 152 km hingga 201 km untuk operasi perkotaan per pengisian daya, dan akan menampilkan motor gabungan, transmisi, dan gandar yang dipasok oleh Accelera by Cummins out of Michigan.

Pengemudi akan duduk di tengah kabin dengan pandangan setinggi mata pengguna jalan lain melalui bidang pandang 220 derajat yang lebar, dan dapat masuk dan keluar di kedua sisi "kabin bergaya rumah kaca" melalui pintu geser.

Kendaraan yang diproduksi dengan spesifikasi Amerika Serikat itu diharapkan tersedia mulai tahun 2024, dengan Volta memperkenalkan model bisnis membayar biaya sewa bulanan untuk truk listrik ditambah persyaratan servis, pemeliharaan, pelatihan, dan asuransi yang diperlukan.

Baca juga: Truk Listrik Terraline Tangra LH1, Bisa Tempuh 805 Km

Posisi mengemudi berada di tengah kabin

Perusahaan sedang mencari untuk mendirikan hub layanan di dekat pusat logistik pelanggan, serta mengembangkan jaringan fasilitas mitra.

"Kami membangun pembelajaran utama dari peluncuran Eropa kami, di mana kami telah mengembangkan dengan kecepatan dan skala, dengan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan kami, untuk mempercepat transisi ke kendaraan komersial listrik dan membantu menghilangkan karbon di pusat kota," kata Volta's CEO, Essa Al Saleh.

Ia juga menambahkan, jika Amerika Serikat menghadapi masalah keselamatan dan keberlanjutan yang sama dengan di Eropa, dan merupakan peluang pasar yang signifikan bagi Volta Trucks.

"Ini menandai awal perjalanan kami di Amerika Serikat, dan kami bersemangat untuk menghadirkan kendaraan bersertifikasi jalan raya bagi pelanggan untuk dievaluasi akhir tahun ini," pungkas Essa Al Saleh.

Jika semua berjalan sesuai rencana, truk Kelas 5 seberat 7,5 ton dan Kelas 6 seberat 12 ton akan bergabung dengan armada Volta di Amerika Serikat pada 2026.