POPULAR STORIES

Volume Lalu Lintas Harian Rata-rata Jasa Marga Mencapai 3,4 Juta Kendaraan

Volume Lalu Lintas Harian Rata-rata Jasa Marga Mencapai 3,4 Juta Kendaraan Jalan tol dipadati pengguna mobil (Foto : Jasa Marga)

KabarOto.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat jumlah volume lalu lintas harian pada semester 1 tahun 2023, rata-rata (LHR) mencapai 3,47 juta kendaraan. Angka tersebut naik 1,43% dibandingkan LHR normal sebelum Covid-19 atau Februari 2020.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menjelaskan, peningkatan yang terjadi selaras dengan membaiknya perekonomian pasca pandemi Covid-19 yang berdampak pada mobilitas masyarakat.

Baca Juga : 7 Hal Yang Diperhatikan Saat Melaju di Jalan Tol

"Jika dibanding LHR normal sebelum pandemi sebesar 3,42 juta kendaraan, peningkatan mobilitas pada tahun 2023 ini menunjukkan pulihnya perekonomian pasca pandemi dengan kembali normalnya kegiatan masyarakat," katanya dalam keterangan resmi.

Dalam penjelasannya, Lisye juga menegaskan, kalau faktor peningkatan LHR di Semester 1 2023 sejalan dengan peningkatan mobilitas, setelah dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan didukungnya aktivitas mudik oleh Pemerintah.

Foto : Jasa Marga

Tiga ruas jalan tol Jasa Marga group dengan LHR tertinggi pada Semester 1 2023 (Januari-Juni) antara lain jalan tol dalam kota dengan total LHR 535 ribu kendaraan. Jalan tol Jakarta-Cikampek total LHR 450 ribu kendaraan, dan jalan tol Jagorawi dengan total LHR 408 ribu kendaraan.

“Peningkatan volume ini juga selaras dengan peningkatan kualitas pelayanan operasional yang diberikan oleh Jasa Marga Group kepada pengguna jalan, salah satunya pengembangan teknologi Intelligent Transport System (ITS) yang berfungsi mengelola pelayanan jalan tol yang terintegrasi, sekaligus menjadi sumber pusat informasi lalu lintas (lalin),” ujar Lisye.

Baca Juga : Catat, uji Coba Ubahan Lajur Contra Flow di Tol Jakarta-Tanggerang Berlaku Besok

Penerapan teknologi ITS bisa dilihat dari layanan yang diberikan Jasa Marga dengan menggunakan super-app Jasamarga Integrated Digitalmap (JID) pada Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC). Hal ini menjadi pelayanan jalan tol yang terintegrasi, sekaligus menjadi sumber pusat informasi lalu lintas (lalin).

"Teknologi ITS dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan, kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan tol," terangnya.

Sistem ini terutama digunakan untuk perhitungan volume lalu lintas kendaraan, deteksi pelanggaran kecepatan, deteksi pelanggaran kendaraan overload, dan deteksi kendaraan roda dua, efisiensi dan optimalisasi beban, hingga efektifitas proses bisnis untuk meningkatkan kepuasan pengguna jalan tol.