Wah, 10-12 Juni Ada Diskon Tarif Tol Lagi Nih!

Wah, 10-12 Juni Ada Diskon Tarif Tol Lagi Nih! Foto: Jasa Marga

KabarOto.com - Arus balik Lebaran 2019 terjadi sejak Sabtu (08/06) hingga Minggu (09/06) dini hari. Padatnya kendaraan menuju Ibu Kota membuat arus sistem satu arah (one way) dan contraflow semakin panjang, yaitu Km 414 GT Kalikangkung Hingga Km 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek Diberlakukan Pukul 08.24 WIB.

Kebijakan one way dimajukan dari yang telah direncanakan sebelumnya yaitu pukul 12.00 WIB. Kebijakan ini diberlakukan dengan memastikan lajur sebaliknya, arah Cikampek telah steril. Sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Cikampek.

Baca Juga: Rest Area Saat Arus Balik Di Tutup? Ini Tempat Isi BBM Alternatif

Sedangkan pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah Timur seperti Cikampek atau Bandung, maksimal dapat keluar di akses tol Cikarang Barat. Selanjutnya dapat menggunakan jalan nasional/pantura. Nahkan buka-tutup rest area masih diberlakukan loh Sob.

Pada periode arus mudik Lebaran 2019, Jasa Marga memberikan diskon biaya tol Trans Jawa. Nah, untuk arus mudik kali ini Jasa Marga memberikan promo yang sama loh. Akan ada diskon tarif tol sebesar 15%, diskonnya sama dengan periode arus mudik lalu.

Baca Juga: Ini Fungsi D+ Dan D- Pada Mobil Matik

Diskon tarif tol ini akan berlangsung dini hari nanti untuk periode arus balik. Nah, beruntungnya pemudik yang belum melakukan perjalanan kembali ke Ibu Kota nih, karena diskon tarif akan berlaku pada 10 Juni 2019 pukul 00.00 WIB hingga 12 Juni 2019 pukul 24.00 WIB.

Diskon ini berlaku di seluruh jalan tol di Indonesia yang dioperasikan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang berada di bawah naungan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI). Ada alasannya nih Sob, diskon tarif tidak digunakan ketika puncak arus mudik.

Diskon tidak diberikan pada saat prediksi puncak arus mudik maupun balik Lebaran, agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik. Sehingga kendaraan tidak semakin menumpuk akibat diskon tarif yang diberlakukan.

Diskon tarif tol sepenuhnya merupakan inisiasi dari ATI, hal ini merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol. Selain itu merupakan upaya mendistribusikan lalu lintas agar tidak menumpuk di sejumlah tanggal tertentu.

Baca Juga: Buka Tutup Rest Area Tol Jakarta - Cikampek Dilakukan Situasional, Berikut Daftarnya

Diharapkan dengan adanya jadwal diskon yang diberikan oleh BUJT dapat menjadi acuan pengguna jalan dalam merencanakan perjalanan mudik yang lebih baik lagi.

"Meski berlaku diskon 15%, para BUJT tetap berupaya maksimal agar pengguna jalan dapat selalu merasa aman dan nyaman selama perjalanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2019," jelas PT Jasa Marga dalam rilisnya.