Wah! GP F1 Tiongkok Ditunda Akibat Wabah Virus Corona

Wah! GP F1 Tiongkok Ditunda Akibat Wabah Virus Corona Ilustrasi balap F1

KabarOto.com - Sedianya, Grand Prix F1 Tiongkok telah dijadwalkan menjadi tempat penyelenggaraan, seri keempat balapan Formula 1 musim 2020.

Namun rencana tersebut akhirnya batal, karena wabah virus Corona yang melanda negara tersebut. Seperti dikutip dari lama resmi F1, Grand Prix Tiongkok 2020 telah dijadwalkan akan berlangsung pada 17-19 April mendatang.

Baca Juga: Helm Michael Schumacher Dilelang, Harga Capai Rp889 Juta

Pembatalan tersebut terpaksa diambil, setelah otoritas olahraga Shanghai mengeluarkan rekomendasi penundaan semua ajang olah raga.

Juss Sports Group (JSP), Promotor Grand Prix Tiongkok, secara resmi juga meminta penundaan, setelah diskusi yang sedang berlangsung dengan Federation of Automobile and Motorcycle Sports of People's Republic of China (CAMF) and Shanghai Administration of Sports.

F1 Tiongkok resmi dibatalkan

"Di tengah berlanjutnya masalah kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia mendeklarasikan wabah Corona sebagai darurat kesehatan global, Formula 1, bersama dengan badan pengatur FIA, bersama-sama memutuskan untuk menerima permintaan penundaan," tulis JSP dalam keterangan resminya.

Meski akan mengecewakan para penggemar F1, khususnya yang berdomisili di negara tersebut. Namun, hal itu harus dilakukan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan staf perjalanan, para pembalap dan penggemar itu sendiri.

Selanjutnya, Formula 1 dan FIA akan terus bekerja sama dengan tim, promotor balapan, CAMF dan pihak berwenang setempat untuk memantau situasi yang berkembang.

Baca Juga: Taati Peraturan Ini, Formula E Bisa Digelar Di Monas

Selain itu, pihak terkait akan terus mempelajari kemungkinan tanggal alternatif yang potensial dan layak untuk Grand Prix Tiongkok nanti, di tahun yang sama jika situasi membaik.

"Grand Prix Tiongkok selalu menjadi bagian yang sangat penting dari kalender F1, dan para penggemar selalu luar biasa. Kita semua berharap untuk balapan di Tiongkok dapat berlangsung secepat mungkin," kata Formula 1 dalam sebuah pernyataan.