POPULAR STORIES

Waspada Aki Rekondisi, Lakukan Ini Sebelum Memutuskan Membeli

Waspada Aki Rekondisi, Lakukan Ini Sebelum Memutuskan Membeli Foto: Kusnadi/KO

KabarOto.com - Perawatan mobil yang tak kalah penting yaitu accu atau sebutan umumnya aki, bagian ini termasuk salah satu komponen vital yang tugasnya menyediakan energi. Nah, energi yang dimilikinya akan memutar dinamo starter dan menjalankan siklus mesin.

Aki memiliki peran menyediakan dan menyimpan daya untuk semua kebutuhan energi listrik di mobil. Tak hanya untuk dinamo starter, bagian lain seperti lampu hingga sistem elektrik mobil juga mendapat energi dari aki.

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Aki Mobil Ala Mitsubishi

Begitu vitalnya bagian ini, Sobat Kabaroto harus waspada dengan gejala yang menunjukkan aki tidak bekerja dengan baik. Bisa jadi aki yang digunakan merupakan rekondisi. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberi tips untuk melakukan beberapa langkah sebelum membeli aki.

Sebelum memutuskan untuk membeli aki dipinggir jalan, Sobat KabarOto harus coba cek bagian kutub, cover dan warna permukaannya. Apabila ditemukan goresan di bagian kutub, serta covernya menggelembung, dan warnanya lebih pudar maka patut untuk dicurigai.

Baca Juga: Kenali Jenis Aki Yang Digunakan Sebelum Lakukan Perawatan

Selanjutnya, perhatikan garansi aki. Biasanya, produsen akan menawarkan garansi aki selama satu tahun. Apabila jangka waktu yang diberikan kurang dari itu, Sobat KabarOto patut waspada.