POPULAR STORIES

Waspadai Aki Rekondisi

Waspadai Aki Rekondisi Aki Baru

KabarOto.com - Berbagai jenis barang palsu banyak beredar di pasaran, mulai dari produk elektronik, gadget, hingga makanan. Bahkan, aki pun ada palsunya.

“Aki mobil pun ada palsunya,” kata Tumenggung dari PT Wacana Prima Sentosa di Jakarta, Selasa (6/3/2018), seraya menambahkan, selain aki palsu yang perlu diwaspadai adalah beredarnya aki rekondisi.

“Aki rekondisi adalah aki yang sudah rusak lalu didaur ulang agar dapat digunakan kembali,” timpal Muksin dari Fast Pancoran, satu bengkel di kawasan MT Haryono, Tebet, Jaksel.

Lalu bagaimana cara membedakan aki baru dengan aki rekondisi? "Bisa dilihat dari penampilannya. Aki rekondisi karena sudah bekas pakai biasanya fisiknya agak gembung, baret, cover atasnya seperti bekas dibuka, dan kepala akinya tidak mulus,” terang Muksin.

Baca juga: Kapankah Aki Mobil harus Diganti?

Harga yang ditawarkan untuk aki rekondisi memang menggiurkan, jauh di bawah harga aki baru. Namun, biasanya tidak bertahan lama, alias cepat rusak. Penjual biasanya tidak berani memberikan garansi lebih dari sebulan untuk aki rekondisi.

"Karena itu, disarankan lebih baik membeli aki baru asli dengan harga termurah, yang pastinya lebih awet masa pakainya. Belum lagi garansi yang diberikan produsen aki baru lebih lama, biasanya hingga satu tahun," kata Muksin.