WFH Kreatif, Yuk Bersihkan MAF Sensormu Sendiri!

WFH Kreatif, Yuk Bersihkan MAF Sensormu Sendiri! Wealthy

KabarOto.com - Kondisi seperti sekarang, banyak dari Sobat KabarOto yang melakukan Work From Home atau #dirumahaja. Nah, cocoknya kita jadikan momen ini jadi produktis seperti mengurus mobil kesayangan, kali ini kita bahas cara membersihkan Mass Air Flow Sensor (MAF) dengan cairan yang tepat.

MAF sensor merupakan elektronik yang ada pada mobil. Sensor ini berguna untuk mengukur jumlah kepadatan udara yang nantinya akan masuk ke ruang bakar. Seiring pemakaiannya, air flow sensor pun bisa kotor dan berpotensi mengganggu kinerja mesin.

Alat yang dibutuhkan sekadar obeng dan cairan pembersih khusus air flow sensor. Salah satu cairan pembersih yang bisa digunakan adalah Wealthy Mass Air Flow Sensor Cleaner.

Menurut CEO Wealthy Group, Arief Hidayat, pembersih khusus air flow sensor ini dapat langsung membersihkan mass air flow Sensor pada kendaraan, sehingga setiap orang dapat mencobanya dengan mudah di rumah.

Dirinya bilang, dengan menggunakan Wealthy Mass Air Flow Sensor Cleaner, dapat secara langsung mempengaruhi kemampuan performa, konsumsi bahan bakar dan emisi.

Langkah pertama adalah melepas klip di saluran intake. Buka menggunakan obeng sekrup pengunci pada klip MAF ini. Lepaskan pelan-pelan dengan cara ditarik. Ingat, lakukan dengan cukup hati-hati, agar tidak merusak lapisan yang ada pada klip maupun karet intake. Setelah terlepas, bisa melakukan pengecekan dahulu terhadap MAF ini.

Lihat bagian dalamnya, jika memang cukup kotor bisa langsung menyemprotkan Wealthy Mass Air Flow Sensor Cleaner. Setelah disemprot, diamkan selama beberapa menit hingga mengering. Setelah kering, lihat bagian sensor apakah sudah bersih atau masih kotor. Jika masih kotor, ulangi hal tersebut sampai air flow sensor benar-benar bersih.

Baca Juga: Menjawab Peraturan Biodiesel 30 Persen, Wealthy B30 Resmi Meluncur

Hal terpenting dari membersihkan air flow ini adalah tidak dianjurkan untuk memegang dengan tangan atau dilap menggunakan kain. Jika dilakukan sangat berpotensi merusak sensor yang ada pada air flow tersebut.

Alasannya adalah karena ada lapisan kawat yang cukup rapuh. Sehingga untuk membersihkannya hanya perlu disemprot memakai cairan khusus.

Jika cara membersihkannya tidak benar, kawat dan air flow bisa rusak. Harga air flow sendiri untuk setiap mobil memang berbeda-beda. Banderolnya pun cukup mahal, sehingga usahakan tidak merusaknya.

Setelah dirasa sudah bersih, pasang kembali air flow ke tempat semula. Jangan lupa pasangkan klip dan kencangkan baut pengunci klip agar udara luar tak banyak tersedot masuk.

Air flow yang kotor pastinya akan membuat mesin terasa cukup berat. Pembersihan air flow ini merupakan salah satu servis yang bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mudah.

Menurut Arief, pembersihan air flow sensor perlu dilakukan secara berkala, karena air flow sensor berfungsi untuk memberikan output kepada Engine Control Unit (ECU). ECU akan membaca dan menerima sinyal yang dikirimkan oleh MAF berupa jumlah udara yang akan masuk ke dalam ECU.

Jika air flow ini kotor, maka efek yang akan dirasakan adalah mesin tersendat. Selain itu, putaran pada idle mesin akan terasa lebih kasar dan tak beraturan.

“Banyak yang sering menyepelekan air flow sensor yang kotor, padahal jika didiamkan, akibatnya bisa fatal, dan merembet ke mana-mana, awalnya yang terasa bensin jadi lebih boros,” tukas Arief.

Produk Wealthy Mass Air Flow Sensor Cleaner tersedia dalam kemasan 150ml, dan dibanderol dengan harga Rp 80 ribu. Produk ini dapat dibeli di sejumlah e-commerce, sehingga bagi yang tertarik tidak perlu keluar rumah.