Wih, Honda Buat Konsep Civic Type R Rally Nih!

Wih, Honda Buat Konsep Civic Type R Rally Nih!

KabarOto.com – Baru-baru ini Honda baru saja merilis 2 tipe konsep mobil terkencangnya saat ini. Yaitu Honda Civic Type R Rally dan Road, dengan modifikasi yang disesuaikan konsepnya. Modifikasi ini dilakukan oleh kerjasama Dynamics Motorsport dan Ralph Hosier Engineering, mobil ini dipamerkan pada SMMT Test Day 2019 di Millbrook Proving Ground, Bedfordshire.

Untuk Type R Rally diberi nama OveRland, banyak modifikasi dilakukan misalnya saja seluruh bodi dirombak demi menyesuaikan kaki-kaki yang makin lebar dan tinggi. Walau sudah diubah sedemikian rupa, kesan Civic Type R tetap dipertahankan sehingga terlihat mobil OEM.

Baca juga : Lingenfelter Tawarkan Paket Chevrolet Corvette Z06, Upgrade Tenaga Mesin Hingga 720 Dk

Penambahan airscoop pada bagian atap, kap mesin, serta fender belakang dilakukan untuk memasok udara dan juga aerodinamika lebih baik. Tidak hanya itu, ada juga penambahan lampu LED pada gril, dan hal unik terdapat pada bagasinya dengan 2 buah roda cadangan.

Mobil ini lebih tinggi 4 inci atau 10 cm dari aslinya, ditambah pelek model model rally ukuran 18 inci berwarna putih, dibalut ban BFGoodrich All-Terrain T/A KO2 ukuran 255/55 R18.

Baca juga : Honda Civic Type R Kembali Pecahkan Rekor

Selain itu, untuk Civic Type R penggunaan jalanan, hanya ada ubahan sedikit pada tampilan yang dilakukan misalnya saja pelek sudah menggunakan 19 inci dengan finishing abu-abu tua, garapan Pro-Race lightweight competition wheels, berbalut ban dari Dunlop DZ03G track day tyres.

Yang banyak dilakukan ubahan justru dari internal, misalnya saja ECU sudah di-tuning menggunakan Superchips, sistem induksi menggunakan ITG, intercooler PWR, dan sistem exhaust menggunakan Scorpion. Dimana semua komponen itu turut menyuntikan tenaga hingga 400 dk dan torsi maksimal 500 Nm.

Demi mengimbangi tenaga yang semakin besar, kaki-kaki sedikit dimodifikasi seperti sistem pengereman Brembo yang sudah di-upgrade dengan selang rem stainless dari Goodridge, per menggunakan Eibach Pro performance, serta ada penambahan anti-rollbar dan chamber arms agar handling lebih rigid.

"Kami ingin memamerkan apa yang bisa ditingkatkan lagi dari mobil ini, hanya dengan beberapa modifikasi ringan. Mobil standar, yang disebut mobil balap untuk jalan, sangat kompeten sehingga tidak memerlukan banyak ubahan untuk meng-upgrade-nya,“ ujar James Rodgers, Manajer Dynamics Motorsport.