World Premiere New Rolls-Royce Ghost, Kemewahan Dalam Kesederhanaan

World Premiere New Rolls-Royce Ghost, Kemewahan dalam Kesederhanaan foto: Rolls-Royce

KabarOto.com – Kali pertama pabrikan asal Inggris ini merilis sedan super-mewahnya secara digital. Akhirnya, New Rolls-Royce Ghost diluncurkan ke seluruh dunia melalui siaran online.

Sejak pertama diluncurkan 2009 silam, Ghost dibuat untuk menyesuaikan keinginan customer, yang tentunya pengusaha, agar tak sekadar jadi sedan mewah dengan chauffeur atau sopir, tapi tetap menyenangkan saat dikendarai sendiri.

Baca juga: Fitur Baru Rolls-Royce Ghost, Dasbor Bertabur 152 Bintang

Nah, mendengar berbagai masukan konsumen selama 10 tahun belakangan. Akhirnya Rolls-Royce mendesain New Ghost. Uniknya, setelah mendengar masukan dari pemilik Ghost lama. “Mereka ingin agar sedan super-mewahnya kali ini terlihat minimalis, tapi tetap mengedepankan kemewahan,” ujar Torsten Muller Otvos, CEO Rolls-Royce Motor Car.

Torsten Muller Otvos. New Ghost akan selalu mewah namun lebih minimalis

Oke, cek kesederhanaannya dulu. Pertama adalah desain bodi yang dibuat lebih minimalis. Garis dari pilar A, melewati atap dan melandai di belakang. Kini tak ada lagi lekukan tambahan.

Lalu symbol khas Spirit of Ecstasy di kap mesin, yang sekarang berdiri sendiri. Tidak ada lagi garis pembatas di sekeliling. Masuk kabin, insinyur Rolls-Royce telah merancang agar tampilan dasbor juga lebih minimalis. Tak ada lagi beragam tombol ekstra atau berlebih.

Namun di balik kesederhanaannya itu, justru New Ghost menyimpan berbagai fitur kemewahan kelas atas. Contoh yang tak terlihat mata adalah bodi New Ghost sebenarnya lebih besar dari generasi sebelumnya. Panjang total bertambah 89 mm dan lebar bodi tambah 30 mm.

Hebatnya lagi, insinyur di pabrik Rolls-Royce di Goodwood, Inggris mendesain agar distribusi bobot yang berada di angka 2.490 kg ini dapat terbagi rata 50:50. Angka yang biasanya tercapai di mobil sport, mengingat New Ghost adalah sedan super-mewah.

Baca juga: Rolls-Royce Phantom VIII Bushukan, Garapan Mansory Eksklusif Untuk Drake

Mesti diingat, distribusi bobot ideal artinya handling mobil akan terasa lebih presisi. Hasilnya adalah karakter berkendara, sesuai yang diinginkan sejak awal agar New Ghost menyenangkan untuk dikendarai sendiri tanpa sopir.

Maka dari itu juga, sumber tenaga pun diganti. Masih sama berkonfigurasi V12, dengan turbo ganda. Namun kapasitasnya kini jadi 6.750 cc dari sebelumnya 6.600 cc. Tenaga hanya naik sedikit, kini 563 dk di 5.000 rpm, dari 562 dk.

Namun torsi totalnya melonjak dan berlimpah sejak awal, yakni mencapai 850 Nm sejak putaran mesin 1.600 rpm. Dari sebelumnya yang hanya 780 Nm.

Baca juga: Makin Anggun, Interior Rolls-Royce Phantom Ini Ditaburi Bunga Mawar Langka

Sayang, tidak ada informasi soal harga karena tiap Rolls-Royce akan dibuat berdasarkan pesanan. “Jadi sangat tergantung apa request customer, yang akan terpasang pada New Ghost,” jelas Hal Serudin, Asia Pacific Corporate Communication Manager Rolls-Royce dalam keterangan virtualnya.

Yang pasti untuk pasar Tanah Air, New Ghost dijadwalkan sampai ke Indonesia di awal 2021.