Yamaha Dan Kawasaki Kolaborasi Kembangkan Motor Bahan Bakar Hidrogen

Yamaha dan Kawasaki Kolaborasi Kembangkan Motor Bahan Bakar Hidrogen Motor Kawasaki (Foto: Isrimewa)

KabarOto.com - Kendaraan ramah lingkungan saat ini terus dikembangkan oleh pabrikan otomotif dunia, baik itu mobil dan juga sepeda motor. Selain listrik, pabrikan juga mencari cara lain agar kendaraan yang dikembangkan tersebut bisa mengurangi emisi gas buang.

Bahkan tak jarang, pabrikan menjalin kerjasama untuk menghadirkan kendaraan masa depan. Seperti yang dilakukan Yamaha dan Kawasaki, dilansir dari Rideapart, dua pabrikan asal Jepang itu, berkoalisi dan akan mewujudkan motor berbahan bakar hidrogen.

Baca Juga: Toyota GR Yaris Bertenaga Hidrogen

Motor masa depan Yamaha (Foto: Istimewa)

Sebelumnya koalisi Ducati-Porsche mengarahkan pengembangan biofuel, namun dua pabrikan ini menyatakan, jika motor berbahan bakar hidrogen merupakan solusi tepat untuk masa depan.

Teknologi ini juga memberi signal, jika motor listrik hanya akan menjadi batu loncatan, hingga ditemukan bahan bakar yang paling pas untuk kendaraan bermotor. Kawasaki memang sudah lama melihat, jika hidrogen merupakan bahan bakar alternatif.

Bahkan, mereka sudah mengembangkan sejak lama, oleh Kawasaki Heavy Industries, di jajaran kendaraan berat namun belum mencakup sepeda motor. Kendaraan produksi mereka yang telah menggunakan bahan bakar hidrogen adalah alat transportasi air, alat berat, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tak Hanya Kendaraan, Hyundai Ingin Hidrogen Diperluas Untuk Kebutuhan Manusia Lainnya

Dua pabrikan ini bekerja sama demi menyambut tahun 2050 bebas karbon. Selain duet Kawasaki dan Yamaha, Honda serta Suzuki juga sedang melakukan eksplorasi bahan bakar alternatif yang bisa dikembangkan seiring dengan elektrifikasi kendaraan.