POPULAR STORIES

Bahaya Selek Baut Pada Kendaraan

Bahaya Selek Baut pada Kendaraan Baut Motor (kabaroto/Ahmad Djainudin)

KabarOto.com - Kendaraan yang sehari-hari kita gunakan baik roda dua maupun roda empat pasti menggunakan komponen yang disambungkan atau direkatkan menggunakan baut. Ternyata, baut yang selek dapat membahayakan kendaraan dan pengemudinya.

Menurut Parmo, kepala mekanik bengkel Ahass 0626 Agung Motor, Jalan Raya Bekasi Tipar Cakung, bahaya baut selek dapat mengakibatkan ketidaknyamanan saat berkendara, baik roda dua mau pun roda empat.

Baca Juga:

"Bila pada roda dua yang kita gunakan mengalami baut selek pada bagian bodi, kita akan sulit untuk menggantinya karena body motor kebanyakan menggunakan bahan fiber yang tidak begitu tebal, dan dapat mengakibatkan bodi motor pecah." Ungkapnya kepada KabarOto.com, Selasa (199/2017).

Tidak hanya pada bagian bodi saja, baut baut dengan berbagai ukuran juga digunakan pada komponen mesin kendaraan. Dan bila baut selek ini terjadi pada bagian mesin kendaraan akan lebih berbahaya akibatnya, mesing akan mengalami kebocoran yang pasti sangat mempengaruhi pada kinerja kendaraan tersebut.

"Bila baut selek pada bagian mesin pastinya akan menimbulkan beberapa hal yang fatal, seperti kebocoran oli mesin dan yang lainnya, agak sulit untuk menggantinya, dan pastinya akan sedikit mempengaruhi sistem kerja mesin kendaraan itu sendiri."

"Sebaiknya lebih berhati hati disaat membuka komponen kendaraan dengan menggunakan baut, untuk menghindari baut tersebut selek. Karena bila baut selek itu terjadi pada bagian mesin kita harus membuat lubang baut baru atau over bos, yang pengerjaannya harus dilakukan tukang di bengkel bubut. Yang pastinya akan merepotkan kita sendiri, dan yang pastinya memakan banyak waktu, tenaga dan biaya," pungkas Parmo.