POPULAR STORIES

FP2 GP Spanyol: Rossi Lambat Di Lintasan Basah Atau Kering

FP2 GP Spanyol: Rossi Lambat di Lintasan Basah atau Kering Valentino Rossi (foto: crash)

Kabaroto.com - Pimpinan klasemen sementara, Valentino Rossi mengaku belum cukup cepat dalam dua sesi latihan terakhir di Sirkuit Jerez pada Jumat (5/5) kemarin. The Doctor beralasan itu dipengaruhi oleh basahnya trek akibat guyuran hujan.

Pembalap gaek berkebangsaan Italia ini memulai hari dengan hanya mampu berada di urutan ke-16, dan kemudian hanya menempati urutan ke-12 (1 menit 40,698 detik) pada sesi latihan bebas kedua ketika sudah memasuki siang hari.

"Ini hari yang sulit. Saya sedikit khawatir dengan latihan pagi ini, karena lintasan sangat basah dan kami sedikit kesulitan. Kami tak menemukan pengaturan tepat dan berbeda dengan motor lama yang tak pengaruh dengan lintasan basah. Sepertinya kami harus bekerja karena saya tak cukup cepat," kata Rossi dilansir Crash.

"Siang harinya, kondisi trek mulai mengering, namun tak sepenuhnya kering. Ada banyak tikungan dengan genangan dan itu sedikit bahaya. Maka sulit karena Anda tak bisa berkendara 100 persen. Namun di sesi latihan kedua, saya juga kesulitan. Saya tak cukup cepat. Kami punya masalah juga dengan pengaturan, maka kami harus lebih baik."

Di lain pihak, sejumlah pembalap Honda justru mendominasi tiga posisi teratas, baik lintasan dalam kondisi basah maupun kering. Rossi sendiri khawatir motor RCV miliknya tak bisa memberikan performa terbaik dalam kondisi basah.

"Performa Honda membuat kami khawatir hari ini karena dalam kondisi lintasan basah, seperti saat latihan dan kualifikasi di Argentina, mereka menemukan sesuatu yang lebih baik dari tahun lalu," ungkap Rossi.

"Sekarang justru kebalikan dari tahun lalu. Tahun lalu saya sangat cepat dalam kondisi lintasan basah dan Honda punya banyak masalah. Tahun ini Honda sangat cepat dan Yamaha bermasalah. Kami harus memahami keseimbangan tepat untuk lintasan basah," pungkasnya.